Mau Beli Rumah di Tahun 2020? Baca Dulu Nih Tipsnya

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 470 2147341 mau-beli-rumah-di-tahun-2020-baca-dulu-nih-tipsnya-wHXHDLOf7p.jpg Beli Rumah di 2020 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Jika kamu mencari hunian ideal, pasti sudah menabung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Tapi, akankah kamu dapat membeli rumah di tahun 2020?

Jika kamu memutuskan untuk membeli rumah, kondisinya tampak cocok dan pas karena suku bunga diprediksi akan lebih rendah bahkan hingga 5% atau 5,5% dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Adu Kekayaan Miliarder Properti Dunia

Namun, bukan kamu saja yang ingin membeli rumah loh! Ribuan orang juga ingin memiliki hunian idaman, tetapi tidak banyak rumah yang tersedia.

Harga rata-rata tahunan real estate diperkirakan akan terus naik sebesar 3,6% menurut National Association of Realtors.

“Akan ada masa di mana harga rumah akan naik,” ungkap Kepala Ekonom untuk Virginia Association of Realtors Lisa Sturtevant seperti dilansir CNN, Senin (30/12/2019).

Baca Juga: Moodys Prediksi Pasar Properti RI Kian Membaik di 2020

Tahun yang Bagus Bagi Milenial untuk Beli Rumah

Menuju tahun 2020, Sturtevant menyatakan, demogfafi menunjukkan tahun ini menjadi tahun terbaik bagi milenial untuk membeli hunian.

“Milenial yang sudah menikah apalagi memiliki anak, sepertinya pada tahun mendatang memiliki peluang membeli rumah,” ujarnya.

Stutervant juga mengungkapkan jika memiliki pekerjaan yang memadai dan ada kepastian ekonomi, milenial tak perlu ragu untuk membeli rumah idaman.

 Beli Rumah

Beli Rumah atau Tetap Ngontrak?

“Tanyakan pada diri sendiri, berapa lama kamu berharap untuk memiliki rumah,” kata perencana keuangan sekaligus pendiri Lyon Financial Planning, Jay Abolofia.

“Jika kurang dari lima tahun, pertimbangkan untuk menyewa sebentar. Terutama jika keadaan pasar sedang bergejolak sehingga harga cenderung tinggi,” lanjutnya.

Hindari mindset jika memiliki rumah berarti berinvestasi. Pasalnya, tidak ada yang bisa memprediksi keadaan pasar.

“Yang terbaik adalah mempertimbangkan membeli rumah sebagai pengeluaran, bukan investasi,” saran Abolofia.

Walaupun prediksi suku bunga untuk perumahan akan membaik pada tahun 2020 mendatang. Ada baiknya untuk mempertimbangkan dan memahami harga akan tetap tinggi di sebagian besar wilayah kota-kota besar.

Namun, bukan berarti menyewa atau mengontrak bukan merupakan pilihan yang buruk. "Bandingkan harga penjualan rumah dengan biaya sewa tahunan untuk properti yang setara. Jika membeli harganya lebih dari 15 hingga 20 kali lipat dari sewa, kamu lebih baik menyewa,” kata Abolofia.

Beli Rumah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini