nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek Underpass Terpanjang RI Selesai, Awal Januari Dibuka

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 31 470 2147955 proyek-underpass-terpanjang-ri-selesai-awal-januari-dibuka-gmr9n6H7kQ.jpg Underpass (Foto: PUPR)

KULONPROGO – Pembangunan underpass terpanjang di Indonesia sudah selesai dilaksanakan. Tidak lama lagi underpass yang berada di bawah kawasan bandara internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) akan dibuka untuk umum pada awal tahun nanti.

“Pembangunannya sudah selesai, kemungkinan awal Januari akan dibuka,” jelas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro di Kabupaten Kulonprogo, Selasa (31/12/2019).

Baca Juga: Pembangunan Underpass Terpanjang di Bawah Terminal Bandara YIA Dikebut

Underpass ini menjadi yang terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1,4 kilometer berikut bahu. Sedangkan panjang terowongan sendiri mencapai 11,8 kilometer. Hanya saja underpass ini masih perlu adanya penambahan fasilitas pendukung.

“Di sana gelap nantinya harus dilengkapi lampu dan halo-halo (pengeras suara) untuk peringatan,” ujarnya.

Sesuai rencana underpass ini akan mulai dibuka pada bulan Januari nanti. Sedangkan peresmiannya akan dirangkai dengan bandara, jalur kereta yang kemungkinan dilakukan pada bulan April.

“Untuk underpass bisa dibuka untuk umum, tidak harus menunggu peresmian. Kaya tol kan bisa fungsional, tanpa tarif dulu. Kalau ini kan jalan nasional, tanpa bayar jadi ya bisa kita manfaatkan,” tuturnya.

Baca Juga: Habiskan Rp293,18 Miliar, Underpass Terpanjang di Indonesia Dibangun

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengharapkan pembangunan YIA dan jalur rel kereta bandara bisa selesai pada pertengahan tahun depan. Dirinya optimis dua proyek nasional itu bisa selesai tepat waktu. Bandara YIA, sudah bisa operasional, namun masih nunggu selesai 100% selesai. Soal pembebasan lahan Kereta sudah selesai 100%.

“Mungkin pertengahan 2020 sudah selesai,” terangnya. (dni)


(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini