nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara Halim Tergenang Banjir, Penerbangan Citilink dari Silangit Dibatalkan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 12:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 01 320 2148120 bandara-halim-tergenang-banjir-penerbangan-citilink-dari-silangit-dibatalkan-9DBB5kLvZG.jpeg Suasana Bandara Silangit (Foto: Okezone.com/Yohana)

SIBORONG-BORONG - Suasana di Bandara Internasional Silangit, Siborong-borong, mendadak kisruh lantaran penerbangan maskapai Citilink ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dibatalkan. Hal ini berkaitan dengan kondisi Bandara Halim berhenti beroperasi sementara akibat cuaca buruk dan hujan deras yang terjadi sepanjang hari ini, Rabu (1/1/2020).

Penerbangan Citilink dengan nomor penerbangan QG2011 yang dijadwalkan terbang pukul 09.10 WIB dari Bandara Silangit ke Bandara Halim diyatakan batal. Sebelumnya penerbangan ini dikabarkan pihak Citilink mengalami delay ke pukul 10.30 WIB, namun pada pukul 09.52 WIB petugas maskapai menyampaikan pembatalan.

Baca juga: Penumpang di 16 Bandara Milik Angkasa Pura II Turun 18,5% Sepanjang 2019

"Dikarenakan cuaca di Bandara Halim Perdana Kusuma mengalami hujan deras yang mengakibatkan landasan pacu tergenang air, sehingga bandara ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan untuk semua penerbangan dari sampai ke Halim. Sehingga penerbangan QG2011 tujuan Halim dibatalkan," ungkap salah satu petugas Citilink di ruang tunggu Bandara Silangit.

Pihak maskapai pun hingga saat ini hanya memberikan solusi melakukan pengembalian biaya tiket (refund) secara penuh kepada penumpang atau melakukan perubahan ke jadwal penerbangan lainnya (reschedule).

 Bandara

"Penerbangan untuk penumpangan bisa melakukan refund tiket ke pembelian tiketnya. Mohon maaf atas ketidaknyamananya," tambah petugas tersebut.

Sayangnya hal ini menjadi keluhan bagi ratusan penumpang QG2011 yang menilai solusi dari Citilink tidaklah tepat dan seakan-akan melepas tanggung jawab kepada penumpang. Lantaran, untuk melakukan refund dibutuhkan 14 hari kerja untuk dana kembali jika proses berjalan lancar.

Bahkan jika untuk melakukan reschedule, tak ada lagi penerbangan Citilink rute Silangit-Halim hingga tanggl 6 Januari 2020. Berdasarkan pantauan Okezone, penerbangan di awal pekan tahun 2020 untuk semua maskapai penerbangan dari Silangit ke Halim terpantau penuh, begitu pula ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Bandara

Hal ini membuat kekisruhan di Bandara Silangit. Berdasarkan pantaun Okezone yang berada di lokasi, seluruh penumpang menuntut ada reschedule secepatnya, utamanya di hari ini. Lantaran sejumlah penumpang harus mulai bekerja esok hari, bahkan ada penumpang yang berkeluh kesah lantaran harus mengejar penerbangan ke luar negeri.

Mengingat jika harus reschedule, maka penumpang mau tak mau baru bisa terbang pada pekan depan, di tanggal 7 Januari 2020. Hal ini sangat jauh dari kebutuhan para penumpang.

"Kami tidak mau refund, harus ada solusi. Jangan hanya batalkan kemudian refund," ungkap salah satu penumpang bernama Hanna ke petugas Citilink.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini