nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Sengatan Listrik saat Banjir, Segera Matikan MCB!

Irene, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 04:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 01 320 2148234 cegah-sengatan-listrik-saat-banjir-segera-matikan-mcb-nmFvUV7Y9h.jpg Listrik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Hujan terus mengguyur sejumlah wilayah Indonesia sejak malam tahun baru. Alhasil, banjir pun menyeruak baik di perumahan, jalan tol dan fasilitas umum lainnya.

Memasuki musim penghujan, banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk masalah kelistrikan. Saat hujan datang, banjir menjadi hal yang harus diantisipasi oleh masyarakat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan masyarakat saat banjir untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik adalah mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter.

Listrik

"Selanjutnya cabut seluruh peralatan listrik yang masih menancap dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1/2020).

Masyarakat juga dihimbau untuk segera menghubungi contact center PLN 123 jika terjadi banjir dan listrik belum padam.

Perkiraan BMKG Jawa Barat pun telah mengeluarkan peringatan dini cuaca Jawa Barat pada 1 Januari 2020. Peringatan ini berisi potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 01.35 WIB di beberapa wilayah.

Baca Selengkapnya: Hujan dan Banjir, Waspadai Bahaya Tersengat Listrik dengan Matikan MCB

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini