nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Perusahaan IT Bernilai USD1 Triliun, Investor Pilih Apple atau Microsoft?

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 07 320 2150232 4-perusahaan-it-bernilai-usd1-triliun-investor-pilih-apple-atau-microsoft-zSorzhoCXB.png Microsoft (Foto: Ist)

JAKARTA - Apple dan Microsoft masing-masing bernilai lebih dari USD1 triliun. Sementara, perusahaan induk Google, Alphabet dan Amazon juga mendekati level ini. Bahkan, Google mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah pada Senin 6 Januari 2020.

Keempat raksasa teknologi ini merupakan pemimpin pasar. Menurut laporan dari kepala investasi UBS Global Wealth Management Mark Haefele, Apple, Microsoft, Amazon dan Alphabet menciptakan nilai kombinasi USD3,25 triliun selama dekade terakhir. Hal ini membantu indeks Nasdaq naik 325% sejak 2010.

Baca Juga: Kalahkan Apple, Saudi Aramco Jadi Perusahaan Termahal di Dunia

Lalu jika kamu adalah investor jangka panjang, empat saham teknologi mana yang lebih cuan pada tahun ini dan tahun mendatang?

Melansir CNN, Jakarta, Selasa (7/1/2020), analisis teknologi di Nomura Instinet Mark Kelley menyukai Alphabet sebagai pilihan utamanya. Dalam sebuah laporan oleh tim teknologi perusahaan minggu lalu bahwa Alphabet menawarkan stabilitas relatif berkat diversifikasi dan penilaian yang relatif menarik.

Baca Juga: 10 Perusahaan dengan Kenaikan Kapitalisasi Terbesar, Ternyata Google Bukan No 1

Kelley menambahkan bahwa perubahan kepemimpinan baru-baru oni menempatkan CEO Google Sundar Pichai bertanggung jawab atas semua Alphabet serta mempertajam fokus perusahaan.

 Apple

Pada saat yang sama, Analis Nomura Instinet Jeffrey Kvaal mewaspadai Apple. Teknologi 5G membantu mendorong saham Apple yang diperkirakan tertinggi sepanjang masa yang bisa terbukti tidak berkelanjutan.

Analisis Wedbush Daniel Ives mengatakan ramalan tahunnya 2020 akan menjadi tahun 5G Super Cycle dan Apple akan menjadi pemenang yang jelas. Ives memilih Microsoft sebagai pilihan teknologi teratas karena kemunculannya sebagai pemimpin dalam komputasi awan.

Apple, Amazon, Alphabet, dan Microsoft akan terus mendominasi pasar mereka masing-masing untuk masa yang akan datang.

"Perusahaan yang dapat berinovasi dengan cara mereka menuju pertumbuhan kemungkinan adalah investasi jangka panjang yang lebih baik," kata CEO Broadleaf Partners Doug MacKay dan Presiden Bill Hoover dalam catatannya.

 Microsoft

Broadleaf memiliki saham dari keempat raksasa teknologi, menurut pengajuan terbaru perusahaan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa.

MacKay menyukai Amazon karena bisnis periklanannya yang berkembang pesat. Namun dirinya khawatir antimonopoli Amerika dan global untuk Amazon, Appl , dan Alphabet adalah risiko, yang belum cukup signifikan untuk menggagalkan pertumbuhan pendapatan.

MacKay mencatat Microsoft relatif kebal terhadap kekhawatiran terhadap antitrust melalui peraturan sendiri.

Sejalan dengan itu, investor mungkin tidak membatasi diri di Amazon, Apple, Alphabet, dan Microsoft. Raksasa tekonologi lainnya bisa menjadi pemenang potensial terutama Facebook, Alibaba, dan Tencent.

Ketiga perusahaan itu masing-masing bernilai USD450 miliar dan USD600 miliar. Jadi ada kemungkinan bagi mereka untuk bergabung dengan klub bernilai pasar triliun dolar AS pada 2020.

 Google

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini