nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sirkuit MotoGP Mandalika Punya Akses Jalan Maret 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 17:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 320 2150305 sirkuit-motogp-mandalika-punya-akses-jalan-maret-2021-jHq5kKsDoF.jpg Sirkuit MotoGP Mandalika. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan akses menuju sirkuit MotoGP Mandalika rampung Maret 2021. Jalan akses nantinya menuju sirkuit MotoGP akan memiliki panjang sekitar 17 kilometer (Km).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan, pembangunan jalan akses sirkuit MotoGP Mandalika memakan waktu selama setahun. Jadi pada maret 2021, akses sirkuit MotoGP Mandalika sudah bisa dilalui oleh masyarakat.

Baca Juga: Tinjau Persiapan G20 di Labuan Bajo, Menko Luhut: Saya Pura-Pura Liburan

"2020 mulai konsturksi mungkin Maret tahun depan beres," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Selasa, (7/1/2020).

Saat ini, lanjut Sugi, pihaknya tengah fokus pembebasan lahan. Bersamaan dengan itu, disiapkan juga membuka lelang proyek jalan akses Mandalika.

Mandalika

"Mandalika itu kan bagian dari rencana destinasi wisata untuk pembangunan jalan akses ke lokasi MotoGP. Saat ini sedang dalam tahap proses pembebasan lahan yang 17 kilometer. Moga-moga akhir tahun ini plus awal tahun depan bisa tuntas membayar sambil kita bayar. Harapnnya Februari dan Maret sudah selesai," jelasnya.

Baca Juga: Keluarga Kerajaan Belanda Akan Datang, Danau Toba Bakal Dilengkapi Cable Car hingga Balon Udara?

Nantinya, pembangunan jalan akses Sirkuti Mandalika dibagi menjadi tiga seksi. Hanya saja dirinya tidak menyebutkan secara rinci pembagian tiga titik pengerjaan tersebut.

"Kalau hitung-hitungannya Rp800-Rp900 miliar. 2020 mulai konsturksi mungkin Maret tahun depan beres. Mungkin kita bagi pada tiga seksi, kan sirkuit balapannya mungkin sekitar September," jelasnya.

Adapun pembangunan jalan akses Sirkuit MotoGP disebut tidak ada kriteria khusus, dari spesifikasi dan anggaran sama seperti pembangunan jalan nasional baru lainnya.

"Kalau sekitar anggaran sekitar Rp900 miliar ya mungkin separuh di 2020 separuh di 2021. 2021 kan tinggal pembayarannya aja. Pekerjaan terbesarnya kan di aspal yaa. Sama dengan bangun jalan baru biasa (aspalnya)," kata Sugi.

Merngenai pembangunan sirkuitnya, dirinya mengaku pembangunan tersebut bukan tanggung jawab pemerintah. Sebab nantinya, proyek ini akan dibangun oleh pihak penyelenggara MotoGP.

"Yang MotoGP yang bangun bukan kita loh. Kami hanya akses kesitu. Jadi MotoGP itu kaya stadion veledrome nah bangun jalan aksesnya. Karena ini potensi menjadi wisata di program pemerintah karena itu kita support pemerintah di mana lokasinya di sini potensi besar bagus segala macem, apalagi ada sirkuit kelas dunia tapi kok jalan ada minimalis. Nah ya sudah pemerintah," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini