nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Tonton Chelsea Selama 2 Tahun, Mau Dijual Abramovich?

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 14:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 08 320 2150637 tidak-tonton-chelsea-selama-2-tahun-mau-dijual-abramovich-dLvryQ0skq.jpg Presiden Chelsea Roman Abramovich. (Foto: Okezone.com/AFP)

JAKARTARoman Abramovich tercatat masih mengucurkan dana untuk Chelsea FC sebesar USD324 juta atau setara Rp4 triliun (kurs Rp13.719 per USD), meski sudah 2 tahun tak lagi menyaksikan langsung tim asal London tersebut berlaga. Miliarder asal Rusia ini dikabarkan akan menjual sahamnya di Chelsea.

Melansir Forbes, Rabu (8/1/2020), beredar spekulasi bahwa Roman Abramovich sudah tidak tertarik lagi dengan klub sepak bola asal London itu. Bahkan muncul isu dirinya berniat untuk menjual Chelsea.

Baca Juga: Perusahaan Kosmetik yang Didirikan Kylie Jenner Punya CEO Baru

Tawaran pun datang dari miliarder Jim Ratcliffe. Dia menyatakan minatnya kepada Chelsea, namun tawaran Ratcliffe tersebut gagal.

Chelsea

Tidak hanya Ratcliffe, Penyokong tim baseball LA Dodgers Todd Boehly juga mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea, tapi ditolak.

Menurut pengamat sepakbola Kieran Maguire, hubungan Abramovich dengan Chelsea menunjukkan suatu keanehan. Di mana saat ini klub tidak lagi menghasilkan pendapatan yang memadai.

Baca Juga: Coty Inc Membeli Saham Kylie Cosmetics dengan Harga Fantastis

Sebagai informasi, Abramovich mendapatkan kekayaannya yang bernilai USD12,4 miliar atau Rp170 triliun dari usaha baja, nikel, dan gas di Rusia.

Pada 30 Juni 2019, Chelsea mencatat kerugian sebelum pajak USD126 juta. Jumlah tersebut bertambah, di mana kerugian pada tahun sebelumnya sebesar USD78 juta.

Sementara itu, omzet Chelsea meningkat dari USD588 juta atau setara Rp8,06 triliun menjadi USD593 juta atau Rp8,13 triliun. Namun secara pendapatan dari pertandingan menurunan USD10 juta atau Rp137 triliun.

Kerugian klub sepak bola asal London tersebut disebabkan gagal lolosnya Chelsea ke Liga Champions dan hanya main di Liga Europa.

Sedangkan secara aset, Chelsea memiliki kekayaan tidak berwujud sebesar USD632 juta atau Rp8,67 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini