nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nadiem Makarim Serahkan Naskah Soal Tes CPNS ke MenpanRB

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 12:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 13 320 2152242 nadiem-makarim-serahkan-naskah-soal-tes-cpns-ke-menpanrb-NbYTFBQYCY.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerahkan naskah soal untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019. Penyerahan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kepada Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Menteri PanRB Tjahjo Kumolo mengatakan, setelah penyerahan ini, Panselnas akan menginput naskah soal ini menuju sistem CAT (Computer Assisted Test). Sebab, nantinya dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini akan dilakukan dengan menggunakan komputer seluruhnya.

Baca juga: 73 PNS Dipecat Akibat Jadi Calo CPNS hingga Poligami Tanpa Izin

"Dengan diserahkannya soal SKD, tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi. Proses ini diperlukan kehati-hatian, jaminan, kerahasiaan dan keamanan data," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (13/1/2020).

Tjahjo berharap agar proses pelaksanaan CPNS tahun anggaran 2019 bisa berlangsung aman kompetitif, adil, dan bersih. Apalagi, pemerintah saat ini tengah mencari pegawai yang tak hanya cerdas saja tetapi juga memiliki integritas yang baik demi mewujudkan visi Indonesia maju.

 nadiem

"Kami bersama berharap agar proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN yang mana pada akhirnya akan mendapatkan dan menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas, guna mewujudkan kondisi Indonesia yang lebih maju," jelasnya.

Menurut Tjahjo, rencananya seleksi SKD akan diselenggarakan selama sebulan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 mendatang. Adapun tesnya masih akan sama dengan tahun lalu, di mana tes akan meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Baca juga: Tunjangan Khusus Pegawai PPATK Naik, Paling Tinggi Rp47,5 Juta

Asal tahu saja, pada tahun lalu pemerintah membuka sekitar 154.029 formasi CPNS 2019. Adapun rinciannya adalah 37.584 formasi di instansi pusat dan 116.445 formasi di instansi daerah.

Berdasarkan dari portal SSCASN BKN, ada sekitar 4.197.218 peserta yang mendaftarkan diri untuk menjadi abdi negara. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 3.364.897 peserta yang lulus verifikasi administrasi.

"Tahapan seleksi kompetensi dasar akan dimulai 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer. Materi SKD meliputi TWK, TIU dan TKP," ujarnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini