nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkaca Kasus Jiwasraya, OJK Bentuk Lembaga Penjamin Polis Asuransi

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 15:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 320 2152342 berkaca-kasus-jiwasraya-ojk-bentuk-lembaga-penjamin-polis-asuransi-37mCS36blV.jpg Ilustrasi Asuransi. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mendesain lembaga penjaminan polis untuk asuransi. Lembaga ini dibentuk usai terjadi kasus pada PT Asuransi Jiwasraya.

Anggota Dewan Komisioner OJK Suahasil Nazara mengatakan, pembentukan lembaga berkaca dari kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya yang kemudian memunculkan banyak temuan baru.

Baca Juga: Sri Mulyani-Erick Thohir Siap Blakblakan soal Kasus Jiwasraya dan Asabri

"Jadi, apabila persiapan, kita terus persiapan untuk mendesain yang namanya lembaga penjaminan polis asuransi tersebut," ujar dia di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Jiwasraya

Menurutnya, pembentukan lembaga penjaminan polis ini memerlukan koordinasi dengan semua pihak terutama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Di mana pada undang-undang (UU) asuransi diperbolehkan membentuk lembaga penjaminan polis dengan adanya persetujuan DPR.

Baca Juga: Kemenkeu Belum Berencana Suntik Modal ke Jiwasraya

"Kita tahu bahwa kalau merupakan undang-undang memerlukan koordinasi dengan DPR dalam proses persetujuannya," ungkap dia.

Ke depannya OJK akan meningkatkan pengawasan atas seluruh sektor keuangan bukan hanya perbankan tetapi juga Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

"Kita juga berharap, kami (OJK), semakin mampu mendeteksi kejanggalan kinerja suatu lembaga keuangan. Apabila sekarang itu kan pengawasan memang ada lembaga pengawas di internal lalu kemudian yang namanya laporan keuangan itu kan dilakukan proses audit," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini