nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tugas Berat Bos Baru Boeing: Kembalikan Kepercayaan Masyarakat

Irene, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 14 320 2152735 tugas-berat-bos-baru-boeing-kembalikan-kepercayaan-masyarakat-HckEc9DBJp.jpg CEO Baru Boeing David Calhoun. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - David L Calhoun resmi ditunjuk sebagai CEO Boeing yang baru, menggantikan Dennis Muilenburg. Pada 13 Januari 2020, David resmi menjalankan tugasnya sebagai pemimpin Boeing.

Seperti diketahui, Boeing diterpa banyak masalah yang membuat kepercayaan mitra kerja berkurang, termasuk masyarakat. Krisis kepercayaan inilah yang menjadi tugas berat David sebagai CEO baru.

Baca Juga: CEO Baru Boeing David Calhoun, Terkenal sebagai Penangkal Krisis

Melansir Business Insider, Selasa (14/1/2020), berikut ini adalah pekerjaan berat CEO Boeing David L Calhoun, dalam meningkatkan kinerja perusahaan penerbangan tersebut.

1. Prioritas: Membuat 737 Max Kembali Terbang

Di bawah kepemimpinan David L Calhoun, prioritas utama Boeing adalah mengembalikan kejayaan pesawat kontroversialnya 737 Max ke udara. Jet utama bertubuh sempit itu telah diterbangkan sejak Maret 2019, menyusul dua kecelakaan fatal yang hanya berjarak lima bulan.

Boeing

Pekan lalu, Boeing menghentikan sementara produksi pesawat ini, yang menyebabkan gangguan pada rantai pasokan global secara luas. Sebagai imbasnya, salah satu pemasok Spirit AeroSystems terpaksa mem-PHK 2.800 pekerjanya. 

2. Meraih Sertifikasi FAA untuk pesawat

Untuk membuat pesawat 737 Max dapat mengudara kembali, David L Calhoun harus segera menyelesaikan permintaan regulator sambil menggiring pesawat melalui proses sertifikasi FAA. Pembuat pesawat juga perlu bekerja secara terpisah dengan regulator negara lain. Namun beberapa di antaranya berindikasi tidak akan membalas keputusan sertifikasi FAA.

Baca Juga: Dipecat dari Boeing, Dennis Muilenburd Tidak Dapat Pesangon

3. Memperbaiki Hubungan yang Berantakan Akibat 737 Max

Saat pesawat 737 Max-nya sudah disebut layak terbang , David perlu bekerja untuk memperbaiki hubungan perusahaan yang berantakan dengan FAA dan Kongres. Sebelumnya hubungan antara Boeing dengan FAA dan Kongres telah rusak setelah kecelakaan fatal pesawat Max, namun diperparah dengan penanganan buruk oleh Dennis Muilenburg.

4. Meyakinkan Pelanggan Maskapai

David L. Calhoun juga perlu untuk memperbaiki hubungan Boeing dengan pelanggan maskapai yang marah. David juga harus kembali meyakinkan publik bahwa penerbangan menggunakan pesawatnya adalah aman. Tidak hanya itu, langkah ini juga dapat membangun kembali kepercayaan dengan para pemegang saham Boeing.

5. Menjalankan Program Boeing 777X yang Sempat Tersendat

Meskipun pesawat Max-nya mungkin dipandang sebagai masalah yang paling mendesak, ternyata ini bukan satu-satunya proyek yang harus difokuskan David.

Program Boeing 777X, generasi berikutnya dari pesawat berbadan lebar ini telah mengalami berbagai penundaan dan kemunduran selama kepemimpinan Dennis Muilenburg. David harus segera merampungkan proyek pesawat ini untuk menghindari resiko keterlambatan pengiriman lebih lanjut kepada pelanggan.

Dengan digencarkannya proyek pesawat ini, David juga bisa menghindari kehilangan pesanan dan kehilangan uang akibat denda keterlambatan pengiriman.

6. Mencari Pengganti Pesawat 757

Boeing dikabarkan sedang mendiskusikan pesawat ukuran sedangnya atau NMA. Namun tampaknya hal ini dalam kondisi limbo karena sang pembuat pesawat terus berfokus pada Max.

Boeing perlu menawarkan pengganti pesawat 757-nya yang menua yang banyak dicari oleh maskapai penerbangan di Amerika Serikat. Langkah ini harus segera ditempuh David bila dirinya tidak ingin beresiko kehilangan sektor bisnis ini.

Telah dilihatnya kecacatan pada pesawat 757, United mengumumkan solusinya dengan memesan 50 jet Airbus, perusahaan rival Boeing untuk kemudian mengganti pesawat 757-nya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini