Waspada, Banjir Bisa Merusak Struktur Dasar Rumah

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 470 2154211 waspada-banjir-bisa-merusak-struktur-dasar-rumah-6tf84IYh3J.jpg Rumah Banjir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Walaupun dianggap enteng, banjir dapat menyebabkan kerusakan besar. Seperti akhir-akhir ini banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, banyak rumah mengalami kerusakan akibat banjir.

Salah satu yang patut diwaspadai adalah mengenai rusaknya fondasi atau struktur dasar (tiang-tiang) rumah. Melansir Ramjack pada Jumat (17/1/2020), berikut ini ciri-ciri yang harus kamu ketahui jika struktur rumahmu rusak.

Baca Juga: Rawan Banjir, Kemenkeu Sudah Asuransikan Sejumlah Aset Negara

1. Pintu tidak menutup dengan benar dan kusen pintu retak.

2. Jendela tidak lagi membuka atau menutup dengan benar dan memiliki celah di bingkai.

3. Retakan baru telah muncul di dinding, langit-langit, atau papan lantai.

4. Fondasi di luar telah bergerak dan bergeser

5. Batu bata di fondasi luar ruang rumahmu telah retak.

6. Lantai miring.

Bak Tsunami, Kondisi Perumahan Pondok Gede Permai usai Banjir 

Jika kamu sudah tahu bahwa fondasi rumahmu rusak, penting untuk mengidentifikasi apakah rumahmu masih aman untuk ditempati. Jika ada tanda-tanda kerusakan struktural, maka lingkungan tidak lagi aman dan harus dievakuasi.

Demikian pula, banjir dapat menyebabkan sejumlah kerusakan lainnya. Air dapat menyebabkan risiko korsleting listrik. Untuk langkah-langkah keamanan, matikan listrik rumahmu. Jika kamu mendengar bunyi dengung atau bau gas, segera evakuasi dan hubungi profesional.

Baca juga: Proyek Bendungan Karian Pengendali Banjir di Lebak Selesai Maret 2021

Jika rumahmu terkena genangan air akibat banjir, cobalah untuk menyerap air dengan kain pel atau handuk. Namun, banjir meningkatkan risiko pembuangan kotoran dan bahan kimia berbahaya di rumahmu. Penting untuk memakai sarung tangan dan peralatan pelindung jika kamu memeriksa hal-hal ini setelah banjir surut.

Bersihkan atau buang semua yang mungkin bersentuhan dengan air yang banjir. Jika ada karpet yang kena basah akibat banjir, yang terbaik adalah membuangnya dan menggantinya. Buka jendela rumahmu saat kamu membersihkan jendela.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini