nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri PUPR Papar Strategi Kelola SDA, Salah Satunya Langkah Rock and Roll

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 470 2154228 menteri-pupr-papar-strategi-kelola-sda-salah-satunya-langkah-rock-and-roll-bfwYqX62fd.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang berarti memiliki daerah teritorial laut yang lebih luas daripada wilayah daratnya. Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berfokus pada pengelolaan sumber daya air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan 5 strategi dalam pengelolaan SDA. Pada strategi pertama adalah penyusunan program kegiatan yang tersistem dengan baik dan fokus. Kemudian strategi selanjutnya adalah pengambilan keputusan yang cepat dan berani ambil risiko.

“Pelaksanaan yang didukung kerja tim yang solid dengan irama ‘rock and roll’, lalu pengawasan detil dan konsisten,” lanjut Kementerian PUPR melalui akun Instagram resminya @kemenpupr, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: Wapres JK Imbau Masyarakat untuk Jaga Sumber Daya Laut

Adapun strategi pembangunan SDA yang terakhir ialah penerapan standar dalam desain, pembangunan, pengoperasian, serta pemeliharaan infrastruktur.

“Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, pengelolaan SDA dapat memanfaatkan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga menghasilkan kualitas pengelolaan yang lebih tinggi, yang dikenal sebagai Pengelolaan Cerdas Sumber Daya Air atau Smart Water Management (SWM),” ungkap Menteri Basuki.

Sebelumnya, Menteri PUPR ini baru saja mendapatkan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam bidang pengembangan, pembangunan dan pengelolaan infrastruktur, khususnya dalam bidang sumber daya air dan infrastruktur tahan gempa.

Baca Juga: Kaya Sumber Daya Alam, Jokowi Instruksikan Diolah Sendiri

Unggahan Kementerian PUPR ini telah disukai sebanyak 2.065 kali dan dikomentari sebanyak 15 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“Kerja nyata bukan wacana sandiwara fatamorgana,” komentar akun @l*sc*nv*rs*t**nb*nd*ng.

“Pak Basuki lopyupul 💕😎👍,” kata @y*qq*m*c.

“Semoga suatu saat nanti @kemenpupr bisa bangun yg seperti di foto ini di kampung saya Rote_NTT, trimakasih,” imbuh @y*dr*s_*m*l*.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini