nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK Imbau Masyarakat untuk Jaga Sumber Daya Laut

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 07:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 08 320 2114334 wapres-jk-imbau-masyarakat-untuk-jaga-sumber-daya-laut-mHec1Jg0AK.jpg Jusuf Kalla (Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan betapa pentingnya pemberdayaan masyarakat pesisir. Hal ini dimaksudkan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang berkaitan dengan kelautan.

Menurutnya, laut memiliki beragam sumber daya yang bernilai ekonomi, tetapi tetap perlu dijaga ekosistemnya. Tak hanya itu, laut perlu mendapatkan perhatian lebih karena dari sekitar 8 juta kilometer persegi luas wilayah Indonesia, sebesar 78% merupakan lautan dan 22% daratan. Oleh sebab itu, peran berbagai pihak tentunya diperlukan untuk menjaga potensi laut Indonesia.

"Di samping luasnya, laut juga memiliki berbagai fungsi yang di mana hidup puluhan juta orang Indonesia bergantung di sana," ungkapnya.

Fungsi laut tersebut yakni terkait kekayaan alam di laut, mulai dari terumbu karang, ikan, mineral, arus laut yang dimanfaatkan menjadi energi, sumber air, hingga tempat pariwisata. Dalam hal ini, utamanya peran masyarakat pesisir sangat diperlukan. Karena tanpa peningkatan sumber daya masyarakat pesisir, Indonesia tidak bisa mendapatkan sumber alam yang baik, termasuk dalam hal meningkatkan pariwisata.

Masyarakat pesisir, lanjutnya, seharusnya menjaga lingkungan sekitar, dengan tidak merusak terumbu karang dan tidak menggunakan bom. JK pun meminta seluruh masyarakat di Indonesia, terutama yang tinggal di pesisir pantai, untuk bisa menjaga sumber daya laut sebaik mungkin. Sehingga kekayaan alamnya tidak tergerus namun tetap bisa menjadi sumber ekonomi.

Baca Selengkapnya: Wapres JK: Peran Masyarakat Pesisir Penting dalam Menjaga Keberlanjutan Laut

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini