Harga Gas Elpiji 3 Kg Akan Naik, Skema Penyaluran Subsidi Masih Digodok

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 320 2154795 harga-gas-elpiji-3-kg-akan-naik-skema-penyaluran-subsidi-masih-digodok-6Ga9T2VlKR.jpg Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan perubahan skema penyaluran subsidi tabung gas elpiji 3 kilogram (kg). Dengan demikian harga gas elpiji 3 kg akan ikut mengalami perubahan.

Senior Sales Eksekutif LPG Pertamina DKI Jakarta Rainier Axel Gultom, mengatakan perubahan skema penyaluran subsidi tabung gas elpiji 3 kg itu, masih dibahas intensif oleh pemerintah.

"Terkait dengan rencana mengenai subsidi elpiji 3 kg masih dibahas intensif oleh Pemerintah dalam berbagai aspek," ujar dia kepada Okezone, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Pengalihan Subsidi Elpiji 3 Kg Masih Tahap Kajian

Dia juga memastikan penyaluran elpiji 3 kg saat ini berjalan normal. Bahkan tidak ada kendala sama sekali. "Pertamina memastikan supply elpiji 3 kg saat ini berjalan normal dan tidak ada kendala," ungkap dia.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan rencana pemerintah mengatur ulang kebijakan distribusi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (kg) subsidi dari terbuka ke tertutup (dengan syarat tertentu) masih dalam tahap kajian.

Baca Juga: Soal Kenaikan Gas Elpiji 3 Kg, Jokowi: Belum Diputuskan

“Yang lagi ramai di media itu tidak sepenuhnya benar. Kita sedang dalam pembahasan,” jelas Menteri ESDM Arifin Tasrif dilansir dari laman Setkab.

Arifin menilai, pengaturan subsidi LPG 3 kg tertutup tengah dikaji dengan tujuan agar subsidi yang diberikan pemerintah nantinya lebih tepat sasaran. Pemerintah, sambung Menteri ESDM, selanjutnya akan mendata warga yang benar-benar membutuhkan subsidi dari pemerintah.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini