Mau Jual Rumah? Tidak Ada Salahnya Gunakan Jasa Agen

Irene, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 470 2154750 mau-jual-rumah-tidak-ada-salahnya-gunakan-jasa-agen-RmvtosS4mm.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Menjual atau memasarkan rumah melibatkan strategi dan keterampilan. Tentunya, kehadiran agen penjualan sangat dibutuhkan dalam hal penjualan rumah.

Seorang agen adalah orang yang serba tahu dalam penjualan rumah. Agen bertugas untuk membantu kliennya dalam setiap segi penjualan rumah mulai dari penetapan harga hingga membantu sampai rumah anda laku di pasaran.

Tidak hanya itu, agen akan membimbing anda melalui inspeksi dan bernegosiasi dengan pembeli. Mereka juga akan membantu dalam perencanaan timeline dan yang terpenting, agen akan membantu anda secara emosional dalam menjual rumah yang anda cintai.

Baca Juga: Mau Jual Rumah? Jangan Lupa Riset Dulu

Melansir houselogic, Sabtu (18/1/2020), menemukan agen yang tepat memang tidak mudah. Dibutuhkan penelitian dan banyak mendengarkan rekomendasi. Anda setidaknya harus memilih tiga calon agen yang akan anda wawancarai selanjutnya.

Anda tentunya harus memilih agen yang berpengetahuan luas dan memiliki pengalaman yang mendalam dalam hal penjualan rumah. Seorang agen yang memenuhi kriteria tersebut akan tahu alasan rumah dua lantai dijual dengan harga yang lebih murah dari Rp272 juta dari harga yang diminta dan mengapa rumah tetangga bisa dijual dengan harga di atas itu.

Seorang agen penjualan rumah biasanya memiliki akses ke data yang tidak anda miliki. Mereka dapat melakukan analisis pasar komparatif yang juga dikenal sebagai running comps. Analisis ini bertujuan untuk memeriksa harga rumah terjual yang serupa dengan rumah anda dalam kurun waktu 90 hari terakhir.

Baca Juga: Waspadai Pengalihan Kredit Atas Azas Kepercayaan, Kenapa?

Agen kemudian akan memberi nilai pasar untuk rumah anda. Selanjutnya kemudian agen menyerahkan keputusan kepada anda. Dengan panduan agen, anda akan dapat menentukan harga yang tepat.

Beberapa agen biasanya juga menawarkan jasa persiapan rumah untuk dijual misalnya memfasilitasi fotografer untuk mengambil gambar rumah anda, dan sebagainya. Kemudian jika rumah anda telah siap dipasarkan, seorang agen akan menjadwalkan open house untuk seminggu lamanya dan mensosialisasikan di media sosial miliknya. Agen juga akan memberikan poster elektronik yang akan disebarkan di seluruh portal media miliknya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini