Mau Jual Rumah? Jangan Lupa Riset Dulu

Irene, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 470 2154679 mau-jual-rumah-jangan-lupa-riset-dulu-YufkUfTn6Q.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Menjual dan memasarkan rumah bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Diperlukan berbagai informasi untuk pembekalan sebelum rumah kemudian dapat benar-benar dijual.

Riset pasar penjualan rumah adalah salah satu hal terpenting yang harus anda lakukan. Dengan meneliti atau meriset, anda akan dapat menemukan pasar mana yang cocok untuk dijadikan tempat anda menjual rumah.

Baca Juga: Waspadai Pengalihan Kredit Atas Azas Kepercayaan, Kenapa?

Langkah riset pertama adalah anda harus mengetahui apa yang sedang terjadi dengan pasar perumahan di daerah anda. Dari sini anda akan mengetahui spesifik lingkungan yang bisa anda letakkan sebagai deskripsi rumah, misalnya apakah daerah rumah anda banjir, apakah dekat dengan transportasi massal dan sebagainya.

Melansir houselogic, Sabtu (18/1/2020), dari langkah awal tersebut anda juga dapat kemudian menentukan perkiraan harga yang sesuai untuk rumah anda. Caranya adalah dengan membedakan harga dan tipe rumah yang telah terjual dengan rumah yang hendak anda jual.

Baca Juga: Waspada, Sederet Masalah Ini Kerap Muncul saat Jual Beli Rumah

Langkah selanjutnya anda dapat mengunjungi situs-situs resmi penjualan properti rumah. Anda dapat mencarinya di internet, dan pastikan situs itu terpercaya.

Dari situs ini anda juga harus mengecek apakah di situs ini juga menjual rumah yang ada di lingkungan anda. Anda juga harus tahu berapa lama mereka di letakkan di situs tersebut sebelum akhirnya terjual.

Dalam menjual rumah, informasi adalah hal terpenting yang harus anda genggam betul. Manfaatkanlah sebagian besar waktu anda untuk melakukan riset pasar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini