nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kementan Ajak Masyarakat Konsumsi Jambu Biji, Ini Manfaatnya

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 10:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155305 kementan-ajak-masyarakat-konsumsi-jambu-biji-ini-manfaatnya-k3VXYmsPtt.jpg Jambu (Commons)

JAKARTA – Mengonsumsi buah-buahan merupakan hal yang baik bagi kesehatan. Bukan hanya memenuhi kandungan vitamin di dalam tubuh, dengan mengonsumsi jenis buah tertentu manfaat yang didapat juga beragam.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, perlu mengubah perilaku konsumsi lebih baik. Hal ini demi menghadapi masalah kebutuhan pangan.

 Baca juga: Ada 88 Daerah Rentan Rawan Pangan, Ini Ciri-cirinya!

"Menghadapi masalah kebutuhan pangan di masa depan, mari mengubah perilaku konsumsi menjadi lebih bijak dan lebih sehat," ujar Syahrul mengutip ig Kementerian Pertanian @KementerianPertanian, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Oleh sebab itu, Kementan mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti mengonsumsi buah jambu biji. Di mana terkenal akan manfaatnya dalam menurunkan tekanan darah.

 Baca juga: Mentan Syahrul Siap Tempur Lawan Mafia Pangan!

Jambu biji dapat menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan serat dan hipoglikemik sebagai khasiatnya. Bermanfaat sebagai antioksidan yaitu kandungan vitamin C jambu biji empat kali lebih tinggi dibandingkan jeruk.

Selanjutnya meningkatkan kesehatan otak karena kandungan vitamin B, B3, dan B6 sangat baik untuk meningkatkan aliran darah serta merangsang fungsi kognitif.

Jambu biji juga dapat meredakan sembelit karena mengandung serat yang berfungsi untuk menahan air di dalam tubuh dan menjaga saluran usus tetap sehat. Tidak hanya bagian buah dari jambu biji, daun dari jambu biji juga memiliki manfaat loh!

Jus jambu biji mentah atau rebusan daunnya, bisa membantu meredakan batuk dan pilek yang disertai lendir sekaligu mendisinfeksi saluran pernapasan.

Menteri Pertanian memang sedang gencar dalam menindaklanjuti visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pembangunan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern.

Unggahan milik Kementerian Pertanian sampai saat ini telah disukai sebanyak 1.248 kali. Berikut cuplikan komentar-komentar warga maya:

“Petani sehat jika tdk dibebani masalah pupuk bersubsidi,” komentar akun @ry*nry*n6719.

“Bagi2 bibit donk pak per provinsi agar indonesia hijau dan sehat masyarakatnya,” tulis @l*nd*ng*h*t*ns*m*t.

“Kapan hpp gabah dinaikan biar petani kita tdk terbebani m,” tanya akun @h*f*zhr*hm*n1785.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini