nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Emas Sentuh Level Tertinggi USD1.560/Ounce

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 08:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2155841 harga-emas-sentuh-level-tertinggi-usd1-560-ounce-FAOlZdMnx0.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Harga emas mencapai level tertinggi pada perdagangan Senin, karena investor melakukan lindung nilai terhadap ketegangan di Timur Tengah dan rencana pemakzulan Presiden AS Donald Trump.

Spot gold naik 0,3% menjadi USD1.560,38 per ounce , setelah menyentuh level tertinggi sejak 10 Januari di USD1.562,51 pada awal sesi. Emas berjangka AS sedikit berubah pada USD1.560,50.

"Investor berbondong-bondong menuju emas meskipun lonjakan di pasar ekuitas sebagian besar karena ketidakpastian jangka panjang seperti ketidakamanan politik. Kemungkinan volatilitas pasar ekuitas di masa depan, ekspektasi pendapatan yang lemah dan suku bunga yang sangat rendah," kata Analis Commerzbank Eugen Weinberg, dilansir dari Reuters, Senin (21/1/2020).

Investor terus mengawasi perkembangan di Timur Tengah, setelah Houthis berpihak Iran menyerang kamp pelatihan militer di Yaman pada Sabtu. Juga di radar penutupan fasilitas minyak di Libya di tengah blokade militer, dan meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Oleh karena itu, investor menaruh investasi ke perdagangan di bursa emas (ETF) dan bank sentral membeli logam pada rekor harga. Kepemilikan ETF didukung emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust naik 2,2% menjadi 898,82 ton pada hari Jumat, tertinggi sejak 11 November.

Sementara itu, saham dunia bertahan di rekor tertinggi, sedangkan dolar AS naik karena sejumlah data ekonomi positif menunjuk ke arah penguatan ekonomi.

"Rebound emas meskipun kekuatan greenback mengkonfirmasi selera kuat investor untuk emas," ujar Kepala Analis ActivTrades Carlo Alberto De Casa.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini