nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: East Connection Taxiway Bandara Soetta 35 Tahun Baru Dibangun

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 20:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 23 320 2157407 jokowi-east-connection-taxiway-bandara-soetta-35-tahun-baru-dibangun-HCTl9T2Vnl.jpg Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta (Foto: Okezone.com/Setkab)

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang harus menunggu 35 tahun untuk membangun east connection taxiway.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta

Hal itu disampaikan Jokowi setelah peresmian runway atau landasan pacu 3, east connection taxiway, Gedung VIP hingga Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, hari ini.

"Perlu diketahui yang west connection taxiway itu dibangun tahun 1985. Dan setelah itu sampai sekarang yang timurnya baru dibangun sekarang. Udah berapa tahun itu, 35 tahun baru dibangun," ujar Jokowi, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Menhub Pamer Keunggulan Runway 3 Bandara Soetta

Menurut dia, seharusnya, east taxiway bisa dibangun tak lama usai west taxiway beroperasi, sehingga lalu lintas pesawat tidak memutar untuk pindah ke runway sebelahnya.

"Semuanya menunggu pesawat muter. Semoga setelah ini kita akan melihat kapasitas bandara ini akan lebih meningkat lagi," ungkap dia.

Sekadar informasi, east connecting taxiway (ECT) merupakan jalur penghubung antara runway 1 dan runway 2

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, beroperasinya runway ke tiga ini untuk mengurangi antrean pesawat yang sering terjadi pada peak season seperti libur natal dan tahun baru. Ia juga menambahkan pembangunan East Connection Taxiway (ECT) dan Runway 3 merupakan bagian dari pengembangan hard infrastructure di sisi udara Bandara Soekarno-Hatta.

"Tuntasnya pembangunan serta terbitnya izin operasi untuk ECT dan Runway 3 membuat daya saing Bandara Soekarno-Hatta meningkat tidak hanya di dalam negeri tapi juga di tingkat regional," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini