Di Depan Jokowi, Menhub Pamer Keunggulan Runway 3 Bandara Soetta

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 320 2157385 di-depan-jokowi-menhub-pamer-keunggulan-runway-3-bandara-soetta-Bn33ZzHN5W.jpg Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soetta (Foto: Okezone.com/Taufik)

TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan runway atau landasan pacu 3, east connection taxiway, Gedung VIP hingga Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, hari ini.

Pada acara tersebut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan beberapa pihak lainnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta

Budi mengatakan, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sudah diresmikan dengan kapasistas 25 juta penumpang per tahun.

"Sedangkan runway 3 dibangun baru ini dengan tujuan untuk mempelancar dan meningkatkan kapasitas penerbangan dan mendukung keselamatan penerbangan. Dengan presentase tingkatkan kapasitas 100 dari yang dulu hanya 81 pergerakan," ujar Menhub di Bandara Soetta, Kamis (23/1/2020).

 Baca Juga: Jokowi Bakal Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta Sore Ini

Dia menjelaskan, secara teknis runway 3 ini didukung oleh east connection taxiway. Di mana dari runway 3 selatan dan utara dan sebaliknya membuat pergerakan dari tadinya 30 menit menjadi 7 menit.

"Adapun benefit dari operasi runway 3 dan east connection taxiway ini, meningkatkan safety melalui pemisahan dari take off dan landing. Kedua east connection taxiway bisa mengurangi jumlah antrian pesawat dari taxiway di darat dan udara.

"Dan juga mengurangi jarak dari pesawat, kapasitas runway nantinya meningkat, dengan adanya east connection taxiway dan runway 3. Garuda Indonesia mencapai suatu capaian menjadi airlines performance nomor satu dunia," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini