nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek Tumbang Samba, Jembatan Terpanjang di Lintas Tengah Kalimantan

Hairunnisa, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 23 470 2157135 proyek-tumbang-samba-jembatan-terpanjang-di-lintas-tengah-kalimantan-amJIcaqX4c.jpeg Jembatan Tumbang Samba. (Foto: Okezone.com/Dok. PUPR)

JAKARTA – Jembatan penghubung Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat sepanjang 843,2 meter segera rampung. Jembatan yang akan membentang di atas Sungai Katingan di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah ini baru saja dipasang baja pelengkung merah.

"Selamat pagi. Sebuah jembatan dengan baja pelengkung berwarna merah dan batang-batang besi penyangga yang rapi bersilangan sudah membentang di atas Sungai Katingan di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah," tulis Presiden Jokowi dalam akun Facebook resminya, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Anies Baswedan Jalan-Jalan ke Jembatan Instagramable di Jakarta Utara

Jembatan yang diberi nama Tumbang Samba ini, disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di lintas tengah Kalimantan. Tumbang Samba memiliki panjang 843,2 meter yang termasuk dalam bentang tengah sepanjang 108 meter.

Baca Juga: Jembatan Singapura-Malaysia, PM Mahathir Tuding Singapura Tolak Proyek Baru

Jembatan ini telah dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisinya. Struktur pelengkung baja bentang tengahnya seberat 450 ton itu dikerjakan di Pabrik PT Wika Beton Subang, Jawa Barat.

Jokowi berharap pembangunan jembatan yang pembuatannya telah dimulai pada tahun 2017 ini nantinya dapat membantu untuk membuka akses yang tersolir di kawasan Utara Katingan. Selain itu juga dapat melengkapi jaringan jalan nasional dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat.

"Saya berharap pembangunan Jembatan Tumbang Samba yang dimulai tahun 2017 itu segera rampung untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan, dan melengkapi jaringan jalan nasional dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat dan sebaliknya," ucapnya.

Da menambahkan, semakin terhubungnya jalan di Lintas Tengah Kalimantan, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Kalimantan yang memiliki perkebunan dan pertambangan.

"Semakin terhubungnya Lintas Tengah Kalimantan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan karena di sekitarnya terdapat perkebunan dan pertambangan," tutupnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini