nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikut Proyek Bayar Tol Tanpa Henti, Berapa Investasi yang Digelontorkan Hongaria?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 11:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 320 2157619 ikut-proyek-bayar-tol-tanpa-henti-berapa-investasi-yang-digelontorkan-hongaria-WuJB2Jl6iW.jpeg Jalan Tol (KPUPR)

JAKARTA - Hongaria tertarik untuk investasi pembayaran tol tanpa berhenti melalui Teknologi Nirsentuh/Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Gerbang Tol di Indonesia. Saat ini, pemerintah Hongaria tengah menyiapkan dokumen untuk mengikuti lelang.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto mengatakan, untuk membangun sistem Teknologi Nirsentuh (MLFF) pada Gerbang Tol membutuhkan perkiraan biaya sekitar USD90 juta atau sekitar Rp1,23 Triliun (Mengacu kurs Rp13.700 per USD). Namun angka tersebut masih bisa berubah menyesuaikan dengan proses lelang.

 Baca juga: Hongaria Minat Investasi di Tol Nonstop, Menteri Basuki: Harus Ikut Lelang

"Namun nanti akan tergantung proses lelang dengan kompetisi," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Jumat (24/1/2020).

Direktur Perumusan Kebijakan dan Evaluasi, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Hery TZ mengatakan teknologi yang ditawarkan oleh Hongaria adalah Global Navigation Satellite System (GNSS). Teknologi ini diyakini jauh lebih murah dibandingkan teknologi yang diterapkan saat ini yakni Radio Frequency Identificatio (RFID) atau pengenal frekuensi radio.

 Baca juga: Hongaria Mau Investasi Proyek Bayar Tol Tanpa Berhenti di Indonesia

GNSS merupakan sistem pembayaran yang menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. Penggunaan GNSS banyak diterapkan di negara-negara Eropa Timur termasuk Hongaria.

"Jika dibandingkan dengan RFID (Radio Frequency Identification atau Pengenal Frekuensi Radio) yang telah diterapkan saat ini membutuhkan alat pembaca di setiap tempat, tapi kalau satelit alat pembacanya tidak harus di setiap tempat. Sehingga bisa lebih murah," kata

 Baca juga: Prioritaskan Labuan Bajo, Kementerian PUPR Tingkatkan Kualitas Jalan di Titik Pariwisata

Sebagai informasi, proses lelang implementasi Teknologi Nirsentuh (MLFF) pada Gerbang Tol akan dimulai pada April 2020. Ditargetkan pengumuman pemenang sudah keluar pada akhir tahun 2020.

Saat ini Kementerian PUPR telah menerima prakarsa proyek tersebut dari perusahaan asal Hongaria, yakni Roatex Ltd. Zrt dan telah disetujui sebagai pemrakarsa proyek sejak 31 Oktober 2019 lalu. Saat ini Roatex Ltd. Zrt sedang menyempurnakan Studi Kelayakan dan penyiapan Dokumen Badan Usaha yang akan melaksanakan dan mengelola pembayaran non tunai MLFF paling lambat 31 Januari 2020.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini