nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensus Penduduk 2020 Bakal Digelar Online

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 24 320 2157902 sensus-penduduk-2020-bakal-digelar-online-j82puiOMID.jpg Data (Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa ada dua inovasi dalam Sensus Penduduk 2020. Di mana kedua inovasi tersebut adalah pemanfaatan data administrasi kependudukan sebagai data dasar pelaksanaan sensus dan Sensus Penduduk online.

“Artinya data-data ini nantinya akan dipakai oleh Pak Mendagri,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada acara Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 mengutip setkab, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

 Baca juga: Pembangunan Harus dari Data, Jokowi: Jangan Pakai Feeling!

Terkait Sensus Penduduk online, menurut Presiden agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk dengan mudah. Hal ini akan menjadi salah satu bentuk pendidikan dan edukasi kepada masyarakat.

"Ini bentuk edukasi kepada masyarakat untuk mulai sadar betapa pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program gerakan Indonesia sadar administrasi,” ujar Presiden.

 Baca juga: Jokowi: Data Jadi Kekayaan Baru Bahkan Lebih Berharga dari Minyak

Data hasil sensus penduduk di 2020 ini, menurut Presiden, akan dimanfaatkan untuk penyempurnaan data administrasi kependudukan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai wujud dari percepatan pengembangan statistik hayati, sebagaimana tertuang dalam Perpres 62 Tahun 2019.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini