nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Ujian CPNS 2019 Dijamin Bebas Kebocoran

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 11:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158793 soal-ujian-cpns-2019-dijamin-bebas-kebocoran-QutY8dK1vP.jpg SKD CPNS (Foto: Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan tidak ada kebocoran soal pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebut, soal-soal SKD tahun ini dibuat langsung oleh konsorsium perguruan tinggi. Sedangkan soal diterima BKN dalam bentuk enkripsi yang diberikan langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Jadi pada prosesnya, soal yang dibuat oleh perguruan tinggi tidak langsung diterima oleh kita. Tapi diberikan terlebih dahulu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar dia di kantornya, Senin (27/1/2020).

Baca Juga: Peserta SKD CPNS Harus Cek Ulang Hasil Ujiannya, Ini Alasannya

Kemudian lanjut dia, setelah dari Kemendikbud, soal itu diserahkan kembali kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), BSSN dan terakhir baru diterima di BKN.

"Maka itu BKN tidak tahu soalnya. Kalau saya ditanya soal seperti apa, saya belum lihat soalnya dan tidak mungkin bisa lihat soalnya. Hanya memfasilitasi tesnya," ungkap dia.

Baca Juga: Peserta CPNS Bisa Langsung Mengetahui Nilai Tes SKD

Dia juga menegaskan, terkait dengan dugaan adanya soal-soal beredar dirinya menilai hal tersebut bukanlah soal asli. Di mana itu sebuah kisi-kisi yang diberikan kepada CPNS melalui bimbingan tes.

"Di KemenpanRB ada kisi-kisi. Seandainya bimbingan tes buat soal berdasarkan kisi-kisi itu, silakan saja," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini