nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Runway 3 Bikin Bandara Soekarno Hatta Makin Efisien, Ini Penjelasannya

Vania Halim, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 14:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158913 runway-3-bikin-bandara-soekarno-hatta-makin-efisien-ini-penjelasannya-28vvTQ23Fy.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin memperhatikan aspek ekonomi dalam arti efisiensi dan bagaimana kapasitas penerbangan meningkat. Hal ini tak lepas setelah aspek keamanan penerbangan terkendali.

Mengutip instagram Kemenhub151, Jakarta, Senin (27/1/2020), kedua fasilitas tersebut dinilai akan menambah manfaat nilai ekonomi serta meningkatkan faktor efisiensi. Jumlah dan waktu antrean pesawat di taxiway holding-point di darat akan berkurang dari yang sebelumnya berjumlah 6-9 pesawat menjadi rata-rata 3 pesawat.

 Baca juga: Tak Ada Antrean Pesawat di Runway 3 Bandara Soetta, OTP Meningkat

Jarak tempuh taxi dari apron ke runway pun menjadi lebih dekat, sehingga waktu tempuh rata-rata berkurang 8 menit (13,3%) dari sebelumnya. Dengan adanya efisiensi tersebut, otomatis akan meningkatkan kapasitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta secara keseluruhan.

Menteri Budi menerangkan dengan adanya runway ketiga, takeoff dan landing akan dilakukan di runway bagian utara yang terpisah antara Runway 2 serta Runway 3.

 Baca juga: 6 Fakta Fasilitas Baru di Bandara Soetta, Terminal 4 hingga Runway 3

"Dengan adanya runway ketiga, takeoff, dan landing di runway bagian utara menjadi terpisah antara Runway 2 dan Runway 3. Sedangkan kehadiran East Conncetion Taxiway dapat mengurangi potensi taxiway blocking. Pengoperasian kedua fasilitas tersebut diharapkan akan meningkatkan aspek keamanan dan kenyamanan bagi penumpang pesawat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain runway, Menhub juga bangga akan yang dilakukan oleh Angkasa Pura II dan Airnav. Hal ini membuktikan anak bangsa mampu membuat suatu bandara yang kompetitif.

 Baca juga: Di Depan Jokowi, Menhub Pamer Keunggulan Runway 3 Bandara Soetta

"Saya banga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Angkasa Pura II dan Airnav, karena membuktikan anak bangsa mampu untuk membuat suatu bandara dan ATC yang sama kompetitifnya dengan dunia internasional,"ujar Menhub di instagram kemenhub151.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini