nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ada Antrean Pesawat di Runway 3 Bandara Soetta, OTP Meningkat

Isty Maulidya, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 18:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 26 320 2158600 tak-ada-antrean-pesawat-di-runway-3-bandara-soetta-otp-meningkat-VXklc7oSxq.jpg Pesawat (Foto: Shutterstock)

TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian landasan pacu atau runway 3 dan east cross taxiway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Baca Juga: Bangun Terminal 4 Bandara Soetta, Jokowi: Penumpang Semakin Banyak

Budi meninjau langsung pergerakan pesawat baik pada saat take off dan landing di runway 3 dan east cross taxiway Bandara Soetta. Menhub juga memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya.

"Tadi, saya sudah melihat langsung pergerakan pesawat baik pada saat take off dan landing di runway 3 dan east cross taxiway di Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya," kata Budi di Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Menhub Pamer Keunggulan Runway 3 Bandara Soetta

Budi juga menyebutkan berdasarkan hasil dari peninjauan yang dilakukannya di Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav, seluruh fasilitas yang baru diresmikan tersebut terkontrol dengan baik. Dirinya juga mendapatkan laporan bahwa proses antrean pesawat saat ini hanya menyisakan 3 pesawat.

"Semua terkontrol dengan baik, dan ini harus diapresiasi. Saya sudah lihat juga tidak ada lagi antrean yang panjang ataupun pesawat yang melakukan holding," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin menambahkan, selama pengoperasian runway 3 tersebut on time perfomance atau OTP yang ada di Bandara Soetta meningkat dari tahun lalu.

"Adanya pengoperasian runway ini, OTP kita meningkat. Dimana kita ketahui, pertama kali runway ini digunakan pada periode nataru dengan periode 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, dari.itu kota dapati OTP kita sebesar 83% dengan 23 ribu pergerakan. Yang mana ini cukup meningkat dari tahun lalu 2018 ke 2019 dengan periode atau jangka hari sama hanya 79%," ungkapnya.

Runway 3 Bandara Soekarno Hatta yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis lalu, telah beroperasi sejak akhir tahun 2019 yaitu pada saat momen Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Keberadaan Runway 3 berukuran panjang 3.000 meter dan lebar 60 meter ini diyakini akan sangat bermanfaat untuk memperlancar pergerakan pesawat baik pada saat lepas landas maupun mendarat.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini