nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagikan 2020 Sertifikat Tanah, Jokowi: Tolong Disimpan dan Difotokopi

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 20:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 27 470 2159093 bagikan-2020-sertifikat-tanah-jokowi-tolong-disimpan-dan-difotokopi-YqQFbJzcQw.jpg Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah di Gresik. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sebanyak 2020 sertifikat tanah untuk warga Gresik. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Gresik, Provinsi Jawa Timur, pada hari ini.

Kepala Negara mengatakan, sertifikat yang diterima masyarakat hanya 46 juta sertifikat. Seharusnya, sebanyak 126 juta sertifikat sudah ada di tangan sejak 2015. Oleh karena itu, masih ada 86 juta sertifikat yang belum selesai dibagikan.

Baca Juga: Presiden Bagi-Bagi Sertifikat Tanah: Jangan untuk Kredit Mobil atau Motor

“Oleh sebab itu, ditargetkan tahun 2017 keluar 5 juta sertifikat, 2018 keluar 7 juta sertifikat, dan 2019 keluar 9 juta sertifikat,” ujar Presiden Joko Widodo, dilansir dari Setkab, Senin (27/1/2020).

Jokowi mengatakan, sertifikat ini merupakan tanda bukti hak hukum kepemilikan tanah. Maka dari itu, sertifikat tanah merupakan surat penting yang harus dijaga dengan baik.

Baca Juga: Wamen ATR: Sertifikat Tanah Harus Berlaku Seumur Hidup

“Tolong ini disimpan, diberikan plastik dan difotokopi sehingga saat yang asli hilang, salinannya digunakan untuk mengurus kembali agar lebih mudah,” ujar Presiden.

Seperti diketahui, sertifikat bisa digunakan sebagai agunan (jaminan) ke saat ingin meminjam uang ke bank. Jokowi mengingatkan agar uang pinjaman tidak digunakan untuk hura-hura atau membeli sesuatu yang tak penting, namun untuk modal usaha.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini