nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Startup Binaan SoftBank Rugi Besar dan Pecat Ratusan Karyawan

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 10:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 29 320 2159931 startup-binaan-softbank-rugi-besar-dan-pecat-ratusan-karyawan-aY1o2BgDhS.jpg Startup (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Startup robotika dan kecerdasan buatan terkoneksi cloud, CloudMinds tampaknya mengalami tantangan besar. Startup yang disokong SoftBank ini melakukan PHK sekitar 175-225 orang total dari 700 pekerja CloudMinds di China. Namun, sebagian tenaga kerja yang kena PHK mendapatkan pesangon.

Melansir Reuters, Jakarta, Rabu (29/1/2020), CloudMinds memangkas tenaga kerja karena telah kehabisan banyak uang untuk mendaftar di pasar saham. CloudMinds dipimpin oleh mantan pemimpin riset China Mobile Bill Huang.

Baca Juga: Gagal Investasi di WeWork, Bos Softbank: Kami Ciptakan Monster

Para investor menanyakan tentang pandangan CEO Masayoshi Son terkait seberapa cepat teknologi dapat berjalan.

Pada 2019, CloudMind merencanakan untuk mendaftarkan diri di pasar saham Amerika Serikat (AS) dengan prediksi pertumbuhan yang cepat untuk robot cerdas yang terhubung dengan cloud. Namun saat roadshow, para investor bersikap dingin karena tidak terbiasa dengan perusahaan serta tidak yakin tentang model bisnisnya.

Baca Juga: Akui Salah Langkah, Bos SoftBank Ungkap Rugi USD6,5 Miliar dari Uber dan WeWork

Investor khawatir untuk berinvestasi di perusahaan yang didukung SoftBank ini. Saat ini, CloudMinds berharap dapat mencatatkan sahamnya di China, setelah upaya di bursa Hong Kong gagal.

CloudMinds memiliki kerugian hampir Rp1,3 triliun (USD100 juta dengan kurs Rp13.644/USD) hingga Juni tahun lalu. Sementara kerugian pada 2018 tercatat Rp886 miliar (USD65 juta).

Imbas kejadian ini, CloudMinds juga menutup kantornya yang berada di Silicon Valley dan dipindahkan ke kantor di Irvine, California.

Produk CloudMinds yang terdiri dari robot humanoid XR-1 dan Cloud Pepper, versi tambahan dari robot Pepper yang disempurnakan cloud dari divisi robotik SoftBank. Banyak produk yang tidak dikomersialkan secara penuh, CloudMinds berjuang untuk menarik konsumen dengan Cloud Pepper.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini