Sambil Gendong Cucu, Ibu Darsih Setia Tunggu Anaknya yang Ikut Tes SKD CPNS

Irene, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 320 2160132 sambil-gendong-cucu-ibu-darsih-setia-tunggu-anaknya-yang-ikut-tes-skd-cpns-KcmjibKifg.jpg Tes SKD CPNS 2019. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang berlangsung. Ada moment menarik dalam penyelenggaran tes CPNS ini.

Seorang ibu dari salah seorang peserta tes SKD berbasis komputer (CAT) terekam kamera sedang menunggu anaknya dengan menggendong cucunya. Namanya adalah Ibu Darsih.

Baca Juga: Menpan RB Beberkan Alasan Jokowi Pangkas Birokrasi

"Ibu Darsih, orang tua salah satu peserta dari @kemkominfo dengan setia menunggu putrinya yang sedang berjuang di ruang ujian ditemani cucu kesayangan," tulis BKN dalam unggahan twitternya, Rabu (29/1/2020).

Ibu Darsih dengan setia menunggu anaknya sembari duduk di ruang tunggu yang disediakan, hingga anaknya dapat merampungkan tahapan seleksi CPNS-nya. Di gambar juga terlihat cucunya tertidur pulas dalam dekapan neneknya.

Baca Juga: Tingkat Kecurangan SKD CPNS 2019 Dipastikan 0%

Sebagai informasi, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun anggaran 2019 ini telah digelar sejak Senin (27/1/2020). Di hari pertama tes yang digelar BKN, setidaknya ada 2.096 orang yang berpartisipasi.

Sedangkan seperti tahun sebelumnya, pemerintah memberlakukan nilai ambang batas atau passing grade yang menjadi penentu kelulusan peserta ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Nilai ambang batas tersebut diatur berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019.

Lewat aturan tersebut, para pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security) harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini