nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dipercepat, Kemenkeu Sudah Salurkan Dana Desa Tahap I Rp97,7 Miliar

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 30 20 2160632 dipercepat-kemenkeu-sudah-salurkan-dana-desa-tahap-i-rp97-7-miliar-ljc6Jmq4LY.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan sudah menyalurkan dana desa tahap I sebesar Rp97,7 miliar melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) hingga data Rabu, 29 Januari 2020. Penyaluran ini dimulai sejak Selasa, 28 Januari 2020 lalu.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti menyatakan, penyaluran itu sudah berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan percepatan. Payung hukumnya yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Alasan Banyak Orang Tergiur Jadi Kepala Desa

Kini porsi penyaluran dana desa mengalami perubahan menjadi pada tahap I sebesar 40% dari alokasi, tahap II sebesar 40%, dan tahap III sebesar 20%.

"Percepatan penyaluran dana desa diharapkan dapat mempercepat pembangunan desa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Baca Juga: Netizen ke Sri Mulyani: Ibu Tolong Diawasi Dana Desa

Meski dipercepat, lanjutnya, proses penyaluran dana desa tetap harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Pada tahap I meliputi ketentuan dari Peraturan Bupati/Wali Kota tentang penetapan rincian dana desa, Peraturan Desa (Perdes) APBDesa, Surat Kuasa Pemindahbukuan, dan Surat Pengantar Dokumen Persyaratan.

Nufransa menyebut, saat ini dana desa sudah diberikan kepada desa-desa yang layak salur di Kabupaten Madiun, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Balangan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Natuna, dan Kabupaten Bantaeng.

"Dana desa disalurkan berdasarkan desa yang layak salur, sehingga pemda dapat mengajukan permintaan penyaluran dana desa ke KPPN setiap minggu setelah melengkapi dokumen persyaratan penyaluran dana desa," kata dia.

Pada tahun 2020, pementah mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp72 triliun untuk 74.953 desa di seluruh Indonesia. Anggaran ini akan disalurkan oleh 169 KPPN.

Dengan nilai tersebut, rata-rata per desa akan memperoleh aliran dana sebesar Rp960,6 juta. Angka ini meningkat dari rata-rata di tahun 2019 sebesar Rp933,9 juta per desa.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini