Kepala BKPM Bakal Miliki 5 Staf Ahli dan 5 Staf Khusus

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 320 2161397 kepala-bkpm-bakal-miliki-5-staf-ahli-dan-5-staf-khusus-2ARAYefocx.jpg Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden nomor 90 tahun 2007 tentang Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Lewat Perpres ini Jokowi mengizinkan Bahlil untuk memiliki lima orang staf ahli dan lima orang staf khusus.

Imbauan untuk memperbolehkan Bahlil memiliki 5 staf ahli tertuang dalam pasal 27 B. Kelima jabatan tersebut yakni Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal, kemudian Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro, lalu ada Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan, setelah itu ada Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Investasi Prioritas, dan terakhir Staf Ahli Bidang Teknologi Informasi dan Integrasi Sistem.

Baca Juga: Gaet BEI, BKPM Rangsang Emiten Terus Ekspansi Bisnisnya

Staf Ahli Bidang Peningkatan Daya Saing Penanaman Modal mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu strategis kepada Kepala BKPM terkait dengan peningkatan daya saing penanaman modal. Sementara Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu strategis kepada Kepala BKPM terkait dengan ekonomi makro.

Sedangkan Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu strategis kepada Kepala BKPM terkait dengan hubungan kelembagaan. Kemudian untuk Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Investasi Prioritas mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu strategis kepada Kepala BKPM terkait dengan sektor investasi prioritas.

Dan terakhir adalah Staf Ahli Bidang Teknologi Informasi dan Integrasi Sistem mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu strategis kepada Kepala BKPM terkait dengan teknologi informasi dan integrasi sistem. Nantinya kelima jabatan tersebut secara adminsitrasi akan di bawah dan dikoordinasikan oleh Sekretaris Utama.

Baca Juga: 3 Tugas Berat BKPM dari Jokowi

"Staf Ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKPM dan secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Utama," mengutip Perpres, Senin (31/1/2020).

Selain itu, Jokowi juga mengizinkan kepada Kepala BKPM untuk mengangkat lima staf khusus. Staf Khusus Kepala BKPM mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala BKPM sesuai penugasan Kepala BKPM

Nantinya, Kepala BKPM akan memilih sendiri calon-calon staf khususnya kepada Presiden Jokowi. Calon-calon ini bisa berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun luar PNS dengan syarat harus diberhentikan terlebih dahulu dari jabatan sebelumnya tanpa kehilangan status PNS-nya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini