nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Sukses Wawancara Kerja? Simak Rahasia HRD Ini

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 02 320 2162032 mau-sukses-wawancara-kerja-simak-rahasia-hrd-ini-YWHKZDicnv.jpg Cari Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Tahap wawancara merupakan langkah yang paling membuat gugup bagi para pencari kerja. Pasalnya, pada tahap ini kamu harus melakukan pertemuan dan diwawancarai Human Resource Departement atau HRD.

Dalam wawancara, kamu harus menunjukkan bahwa dirimu pantas dan layak untuk dipekerjakan oleh HRD sehingga kesalahan adalah hal yang patut dihindari. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membagikan beberapa tips untuk menghadapi perekrutan karyawan loh.

Pertama, HRD akan nilai kesan pertamamu. Jadi pastikan dirimu berpenampilan baik dengan sikap atau attitude yang baik juga saat diwawancara ya.

 Baca Juga: Mencari Pekerjaan di Tahun Ini? Miliki 10 Keterampilan Berikut

“Kedua, HRD lebih suka kandidat jujur daripada mencoba terlihat hebat. Cukup menjawab setiap pertanyaan dengan tenang dan jujur ya, HRD bisa menilai value yang ada pada dirimu,” lanjut Kemnaker melalui akun Instagram resminya @kemnaker, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

Tips atau rahasia HRD dalam merekrut karyawan sering kali diabaikan oleh kebanyakan calon kandidat. HRD ternyata bisa saja atau secara diam-diam mengecek media sosial milikmu sebelum perekrutan.

“Mulai sekarang, coba cek media sosial kamu dengan lebih teliti. Jangan sampai sifat asli kamu justru lebih kelihatan di media sosial daripada saat wawancara,” tutup Kementerian yang dipimpin oleh Ida Fauziah ini.

Baca Juga: Soft Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Bos, Harus Komunikatif!

Unggahan Kemnaker tentang rahasia HRD dalam merekrut karyawan telah disukai sebanyak 4.723 kali dan dikomentari sebanyak 89 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“Heran deh masih banyak yang komen dgn sinis dan pessimistic tentang “orang dalem“. Kalau pun itu realita, tapi gak semua begitu, masih lebih banyak perusahaan yang professional. Makanya mainnya agak jauhan dikit. Semangat! 👍👍👍,” kata akun @fd*w*nt*r*.

“Udah jujur ngak juga di panggil kerja sama HDR min☹☹☹,” curhat @f*r*l.qm**.

“Setiap pengrekrutan karyawan, pst ada di antara mereka seseorg psikologi. Yg akan melihat dan menilai setiap gerak gerik tubuh dan jg omongan karyawan yg akan di rekrut saat di interview oleh mereka. Dan mereka pst tdk sendirian dlm menginterview karyawan tersebut. Setau gw sih itu. 🙂 @kemnaker,” imbuh @*n*gr*h_t**v*c.

“Sabar, meski mengeluh jangan sampai nyerah, 👍🏻,” komentar @n*n**st*.

“rezeki mah nggak akan kemana, silahkan kroscek siapa tahu membantu untuk penempatan dengan passion yg dilihat, think positif aja deh,” tulis akun @l*ksm*t*.d*w**.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini