Manggis Cianjur Tembus Pasar Abu Dhabi hingga Taiwan

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 320 2162193 manggis-cianjur-tembus-pasar-abu-dhabi-hingga-taiwan-B3GtE2OTB8.png Manggis Cianjur (Foto: Okezone.com/Instagram @kementerianpertanian)

JAKARTA - Kementerian Pertanian menyeatakan, manggis cianjur sudah tembus ke pasar internasional seperti Abu Dhabi, Qatar, dan Taiwan. Secara keseluruhan, pada 2019 Indonesia sudah ekspor manggis sampai 24,7 ribu ton dengan nilai transaksi USDS35 juta.

Cianjur mempunyai potensi ekspor manggis cukup besar berdasarkan catatan BPS 2017 mencapai 161.750 ton. Tidak banyak yang tahu bahwa manggis Cianjur sudah menembus pasar Abu Dhabi, Qatar, dan Taiwan.

Pada 2018, produksi manggis naik menjadi 228.148 ton. Indonesia sudah ekspor manggis sampai 24,7 ribu ton dengan nilai transaksi USD35 juta di 2019.

Baca Juga: Harga Cabai Makin Pedas, Pemerintah Diminta Tak Lakukan Intervensi

Kementerian Pertanian akan terus mendorong akselerasi dan peningkatan ekspor komoditas pertanian Indonesia ke pasar Internasional.

"Ini sesuai dengan kebijakan untuk melejitkan ekspor pertanian hingga tiga kali lipat," tulis akun resmi Instagram Kementerian Pertanian, @kementerianpertanian, Minggu (2/2/2020).

Manggis Cianjur tembus pasar internasional (Foto: Okezone.com/Instagram @kementerianpertanian)

Postingan ini sudah disukai oleh pengikut setia kementerian pertanian mendapatkan banyak komentar dari netizen:

@u*t_1*1* : Wok keren... aku suka banget sama namanya pertanian apalagi budidayanya. Aku pengensih taun ini ikut jurusan itu. Tapi aku dari ips... :( kecil kemungkinan :'(

@u*t*a_*e*g*u*u :Min apakah ada rekomendasi tanaman yang masih banyak kekurangan pasokan ? Mau ikut bertani mohon berikan masukan dari jenis hingga jaminan pasar penerimanya.

@h_*a*o*d*0 : Slmt siang min,Min kalau jurusan bahasa boleh engga masuk fakultas pertanian?

Baca Juga: 4 Langkah Menuju Pertanian Modern, Termasuk Pemanfaatan Teknologi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini