nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garuda Stop Sementara Penerbangan ke China, Bagaimana Rute Hong Kong?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 12:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 03 320 2162448 garuda-stop-sementara-penerbangan-ke-china-bagaimana-rute-hong-kong-M9gO4OpQ7L.JPG Garuda Indonesia (Okezone)

JAKARTA - Garuda Indonesia kembali menunda sementara rute penerbangan dari dan menuju China mulai 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB mendatang. Sementara itu penerbangan dari dan menuju Hong Kong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, alasan di stop sementara penerbangan dari dan menuju China adalah sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus korona. Asal tahu saja, wabah virus korona sendiri awal mula ditemukannya di Wuhan, China.

 Baca juga: Ada Virus Korona, Garuda Stop Rute Penerbangan ke China Mulai 5 Februari

Selain itu, penghentian tersebut juga menyusul penetapan status darurat global yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Healt Organization (WHO) beberapa waktu lalu. Selain itu, penghentian sementara rute penerbangan ini juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah terkait penundaan sementara layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok yang akan mulai diberlakukan pada Rabu, 5 Februari 2020 Pukul 00.00 hingga waktu yang akan ditentukan lebih lanjut.

"Kebijakan tersebut juga merupakan tindak lanjut komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia yang salah satunya dilakukan melalui penundaan sementara rute penerbangan dari dan menuju Tiongkok," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Senin (3/2/2020).

 Baca juga: Tak Punya Rute ke Wuhan, Garuda Indonesia Tetap Waspadai Penyebaran Virus Korona

Nantinya lanjut Irfan, pihaknya akan memberlakukan kebijakan yang fleksibel kepada jadwal-jadwal penerbangan dari dan menuju China. Misalnya dengan memberlakukan mekanisme reschedule dan reroute untuk layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

Oleh karena itu, dirinya menganjurkan kepada calon penumpang untuk melakukan pengecekan jadwal penerbangan secara berkala pada kanal media sosial resmi Garuda Indonesia seperti website, Twitter, dan Facebook khususnya untuk ruta-rute yang rawan akan penyebaran virus Corona.

 Baca juga: Menhub Minta Irfan Setiaputra-Triawan Munaf Turunkan Harga Tiket Garuda

Irfan menambahkan, pihaknya akan terus memantau situasi terkini mengenai isu virus korona yang sudah mewabah di beberapa negara ini. Hal itu dilakukan untuk mengetahui langkah apa yang akan diambil oleh perseroan.

"Garuda Indonesia terus memantau situasi terkini serta dan akan mengambil tindakan yang diperlukan termasuk memberikan informasi terbaru khususnya terkait tindak lanjut atas layanan operasional penerbangan," jelasnya

Sebagai informasi, nantinya, penundaan sementara tersebut melingkupi layanan penerbangan dari dan menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou dan Xi’an. Saat ini Garuda Indonesia melayani sebanyak 30 fekuensi penerbangan setiap minggunya ke Tiongkok.

(rzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini