nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPK Akan Umumkan Kerugian Negara dari Kasus Jiwasraya Akhir Februari

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 03 320 2162677 bpk-akan-umumkan-kerugian-negara-dari-kasus-jiwasraya-akhir-februari-i4zfOnEfLH.jpg Jiwasraya (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berencana mengungkap hasil investigasi atas penghitungan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pengungkapan hasil investigasi akan dilakukan pada akhir Februari 2020.

"Untuk perhitungan kerugian negara atau pemeriksaan investigasi dalam kasus Jiwasraya mudah-mudahan selesai Februari ini. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan penegakan hukum," ujar Ketua BPK Agung Firman Sampurna di kantornya, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Baca Juga: BPK dan Komisi XI DPR Sepakat Kasus Jiwasraya Harus Selesai 2023

Menurut dia, penghitungan kerugian negara yang dilakukan BPK yang akan pertama kali diumumkan. Sementara itu, pemeriksaan dari lembaga lain akan dilakukan setelahnya.

"Jadi, saat ini prosesnya sedang jalan dan bagian pertama yaitu perhitungan kerugian negara akan disampaikan kurang lebih akhir Februari ini. Sedangkan sisanya akan bertahap dilakukan diselesaikan," ungkap dia

Baca Juga: Komisi XI DPR Sambangi Kantor BPK Bahas Kasus Jiwasraya

Dia juga menambahkan, pihaknya saat ini telah mendapatkan sekitar 60% data pemeriksaan terkait persoalan Jiwasraya dan PT Asabri (Persero). Kedua perusahaan tersebut dilakukan pemeriksaan secara bersamaan.

"Kami sudah dapatkan 60% data-data yang terkait dengan hal-hal yang kita identifikasi seperti fraud di Jiwasraya dan sebagian di Asabri. Keduanya kita lakukan pemeriksaan investigasi," tandas dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini