nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Optimistis Ekonomi Tahun Ini Lebih Baik

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 06 20 2164182 bi-optimistis-ekonomi-tahun-ini-lebih-baik-zE1eSOBZV2.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa lebih baik, ditopang peningkatan ekspor dan investasi. Di mana pada 2019, ekonomi Indonesia tumbuh 5,02% atau lebih rendah dari realisasi 2018 sebesar 5,17%.

Mengutip keterangan BI, Kamis (6/2/2020), ke depan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprakirakan tetap baik ditopang prospek peningkatan ekspor dan konsumsi rumah tangga.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi 5,02%, BI: Itu Ditopang Permintaan Domestik

Investasi diprakirakan juga meningkat didorong pembangunan infrastruktur serta kenaikan keyakinan pelaku usaha sebagai dampak peningkatan ekspor dan kemudahan iklim berusaha sejalan dengan kebijakan Pemerintah termasuk implementasi Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk menjaga stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik, serta meningkatkan ekspor, pariwisata, dan aliran masuk modal asing, termasuk Penanaman Modal Asing (PMA).

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh 5,02%, Jokowi: Patut Kita Syukuri, Negara Lain Anjlok

Sementara itu, untuk pertumbuhan ekonomi 2019 banyak ditopang oleh permintaan domestik yang tetap terjaga sedangkan ekspor menurun sejalan dengan melambatnya permintaan global dan menurunnya harga komoditas global.

Permintaan domestik yang terjaga dipengaruhi stabilnya konsumsi rumah tangga yang tumbuh 5,04% pada 2019, tidak banyak berbeda dengan pertumbuhan pada tahun sebelumnya sebesar 5,05%.

Konsumsi rumah tangga yang terjaga didorong inflasi yang terkendali dan tingkat keyakinan konsumen yang tetap baik. Konsumsi Lembaga Nonprofit Rumah Tangga (LNPRT) meningkat dari 9,10% pada 2018 menjadi 10,62%, didorong dampak positif penyelenggaraan pemilu 2019.

Permintaan domestik juga didukung oleh investasi yang tetap tinggi, terutama investasi bangunan yang tumbuh 5,37%, tidak jauh berbeda dari kinerja 2018 sebesar 5,41%. Dari sisi lapangan usaha , pertumbuhan ekonomi tahun 2019 terutama didorong kinerja lapangan usaha jasa-jasa di sektor tersier, terutama sektor komunikasi dan informasi, sektor jasa keuangan dan asuransi dan sektor jasa lainnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini