nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Kapal Penyeberangan Indonesia-Timor Leste, Apa Manfaatnya buat RI?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 13:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 06 320 2164277 ada-kapal-penyeberangan-indonesia-timor-leste-apa-manfaatnya-buat-ri-9EatXsdSCd.jpg Mudik (Okezone)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menargetkan dua rute penyeberangan orang lintas negara akan dioperasikan pada tahun ini. Kedua rute tersebut adalah dari Dumai di Riau - Malaka Malaysia hingga Maritaing di Nusa Tenggara Timur (NTT) - Dili di Timor Leste.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, alasan mengapa pihaknya ingin agar rute lintas negara ini terealisasi adalah bisa mendongkrak ekspor. Khususnya untuk rute penyebrangan menuju Timor Leste yang mana Indonesia akan sangat banyak sekali diuntungkan.

 Baca juga: Kisruh Tarif Penyeberangan, ASDP Koordinasi dengan Kemenhub

"Kita ingin Indonesia Timor Leste dari sisi perdagangan Indonesia unggul untuk mengekspor," ujarnya dalam acara Ngopi Bareng BUMN, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Tak hanya dari sisi perdagangan, dari sisi Pariwisata juga bisa mendongkrak datangnya turis asing ke dalam negeri. Sebab, hubungan antara Timor Leste dan Nusa Tenggara Timur (NTT) masih sangat kuat sekali dari sisi budaya.

 Baca juga: Hingga H-2 Lebaran, Sudah 682.446 Penumpang Menyeberang dari Jawa ke Sumatera

Bahkan menurutnya, banyak sekali Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste yang masih memiliki sanak keluarga di NTT. Selain itu, ada beberapa upacara adat juga yang mengharuskan warga negara Timor Leste datang ke NTT.

Selama ini, warga Timor Leste ini harus menggunakan transportasi udara yang mana ongkosnya akan lebih mahal. Oleh sebab itu perseroan akan hadir di sana untuk memberikan pilihan transportasi yang tarifnya lebih murah.

"Dari sananya kita mendapatkan turis Karena ada hubungan. Karena masih ada juga keluarganya. Kedua ada ritual yang harus datang ke NTT," ucapnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini