nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ASDP Siap Operasikan Dua Rute Penyebrangan Lintas Negara Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 13:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 06 320 2164282 asdp-siap-operasikan-dua-rute-penyebrangan-lintas-negara-tahun-ini-WlBvoOCwWV.jpg ASDP Siap Operasikan Penyeberangan Lintas Negara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana mengoperasikan segera rute penyebrangan lintas negara yakni Indonesia-Malaysia dan Indonesia-Timor Leste. Wacana pembukaan rute penyeberangan lintas negara sudah diwacanakan sejak tahun lalu.

Kedua rute penyeberangan itu, Dumai-Malaka untuk Indonesia-Malaysia. Dan Maritaing-Dili untuk rute penyebrangan Indonesia-Timor Leste.

Baca Juga: Kisruh Tarif Penyeberangan, ASDP Koordinasi dengan Kemenhub

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, memang ada sedikit kendala dari penerapan ini, seperti belum siapnya salah satu pelabuhan yang akan menjadi rute penyebrangan lintas negara ini.

Untuk rute Dumai-Malaka, pelabuhan di Malaka belum siap. Sementara untuk rute Maritaing-Dili, pelabuhan di Maritaing Nusa Tenggara Timur (NTT) juga belum siap.

"Kemarin pengen dua rute. Pertama Dumai-Malaka, dan Maritaing-Dili. Yang Dumai-Malaka, yang Malaka pelabuhannya belum siap. Kalau Maritaing-Dili, itu Maritaingnya belum siap," ujarnya dalam acara Ngopi Bareng BUMN, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Baca Juga: Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Diaspal Awal 2020

Sebagai alternatifnya, untuk sementara rute penyebrangan ini akan dialihkan dari Kalabihi-Dili. Sebab dirinya menginginkan agar rute penyebrangan lintas negara ini bisa segera beroperasi.

"Jadi sementara dari Kalibahi dulu. Harapannya tahun ini sudah on," ucapnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini