nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Mengundurkan Diri dari Pekerjaan? Pertimbangkan 3 Hal Ini

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2164930 mau-mengundurkan-diri-dari-pekerjaan-pertimbangkan-3-hal-ini-udtmFcmGgE.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Memiliki pekerjaan tetap dengan gaji tinggi merupakan impian semua orang. Namun, jika dalam bekerja ternyata kamu tidak bahagia pasti tidak akan nyaman juga.

Oleh karena itu muncullah ide atau gagasan untuk mengundurkan diri dari posisi pekerjaanmu yang sekarang. Eits! Jangan cepat-cepat mengambil keputusan. Dewasa ini, mencari pekerjaan adalah hal yang sangat sulit. Munculnya lulusan baru dan pekerja asing membuat persaingan semakin sengit.

Jika kamu berpikir untuk mencari pekerjaan baru, ada baiknya mempertimbangkan hal-hal yang penting. Berikut ini adalah 3 hal penting yang patut diperhatikan sebelum memutuskan untuk berganti pekerjaan, seperti dilansir Business Insider, Jakarta, Jumat (7/2/2020):

Baca Juga: Mencari Pekerjaan di Tahun Ini? Miliki 10 Keterampilan Berikut

1. Budaya

Budaya yang dimaksudkan dalam hal ini adalah interaksi dengan kolegamu dan organisasi perusahaanmu. Pikirkan apakah kamu puas dengan cara berinteraksimu dengan para kolegamu? Apakah mereka ramah dan menghargaimu?

Jika sumber ketidakbahagiaanmu terletak pada organisasi perusahaanmu, kamu mungkin perlu meninggalkan pekerjaanmu. Kebanyakan orang merasa letih dengan organisasi yang ada di perusahaan itu.

Tetapi jika belum siap untuk mengubah pekerjaan, kamu dapat mengubah lingkungan pekerjaanmu.

Baca Juga: Soft Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Bos, Harus Komunikatif!

2. Pekerjaan

Beralih pada pekerjaan. Jika kamu tidak menyukai atau bahkan membenci pekerjaanmu, ini tandanya kamu butuh mengubah pekerjaanmu.

Tetapi jika kamu merasa bosan dengan pekerjaanmu, kamu berarti sudah siap untuk naik jabatan dengan tantangan yang lebih bervariasi lagi. Tetapi jika tidak ada kesempatan atau tidak tersedia untuk naik jabatan, kamu dapat mencari pekerjaan yang memungkinkanmu untuk mengambil jenjang karier ke tingkat yang lebih tinggi.

Berbeda dengan, rasa muak pada pekerjaan. Hal ini menandakan kamu harus beralih ke jenis pekerjaan yang berbeda.

3. Misi dalam Diri

Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan ialah kesesuaian jenis pekerjaanmu dengan minatmu. Bisa jadi kamu merasa tidak bahagia karena feedback yang diberikan perusahaan kepada dirimu.

Kamu bisa salah mendapat jenis pekerjaan yang tidak sesuai dengan bakat dan minatmu. Kamu bisa mencari atau mengenali diri lebih dalam untuk mendapatkan bakat dan minat yang terkubur dalam dirimu.

Dengan memperhatikan ketiga hal di atas, kamu dapat memutuskan untuk menetap atau meninggalkan perusahaan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini