nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Usaha Jangan Cuma Lihat dari Untungnya Saja, Lho Kok Begitu?

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 11:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2165057 bikin-usaha-jangan-cuma-lihat-dari-untungnya-saja-lho-kok-begitu-JCKvBX0ahD.jpg Memulai Bisnis Jangan Cuma Memikirkan Untung Saja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hampir 80% pebisnis pemula saat ini membuka usaha karena termotivasi dengan laba atau keuntungan yang besar.

Ketika mereka menjumpai sebuah bisnis, mencoba menghitungnya, dan merasa terkejut dengan potensi labanya pasti mereka akan tergiur.

Baca Juga: Fasih Berbahasa Asing? Cobalah Mulai Bisnis Sampingan sebagai Penerjemah Ekspres

Mengutip dari keterangan Buku Pintar Mengelola Usaha bagi Pemula 101 Pedoman Buku Usaha Langsung Meraih Laba 2016 karya William Tanuwidjaja, Sabtu (8/2/2020), disampaikan untuk jangan hanya membuka usaha semata-mata tergiur laba besar dengan iming-iming laba besar.

Baca Juga: Tertarik Buka Bisnis Jamu? Begini Cara Memulainya

Misalnya, saat kita melihat seseorang peternak ayam potong yang mampu meraih laba besar, dalam waktu singkat bisa saja kita tergiur. Besok atau lusanya tiba-tiba saja kita membuat pertenakkan ayam potong sendiri tanpa memikirkan kerugian dan rencana jangka panjangnya.

Sehingga ketika risiko itu datang, kita sendiri merasa belum siap. Akhirnya bukan laba besar yang kita dapatkan melainkan hanyalah sebuah kerugian saja.

Sebaiknya ketika ingin membuka usaha lebih baik lihatlah peluang atau probilitasnya. Hal ini dilakukan untuk mencapai peluang kesuksessannya, jika peluang itu cuku besar untuk kamu, masuklah kedalamnya.

Laba itu bisa berupa keuntungan besar dan juga bisa kecil. Walaupun sama-sama pertenak ayam potong, juragan A dan B bisa menikmati keuntungan laba yang berbeda.

Mengapa demikian? karena laba sangat tergantung pada bagaimana masing-masing pengusaha mengelola pendapatan dan biayanya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini