Ingin Jadi Pengusaha Harus Punya 7 Sifat Dasar Ini

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 09 320 2165664 ingin-jadi-pengusaha-harus-punya-7-sifat-dasar-ini-fZ1mZ5ZpBw.jpg Tenaga Kerja (Shutterstock)

JAKARTA - Sebagai seorang wirausahawan penting untuk mempertahankan jiwa dan semangat wiraswasta agar usaha tetap hidup. Umumnya seorang wirausahawan sangat besar hasratnya untuk menciptakan lapangan kerja dan pendapatan bagi banyak orang.

Pepatah China mengatakan memulai sesuatu bisnis itu sangat mudah, namun untuk membuat bisnis bisa berjalan dan menguntungkan, itu yang sangat sulit. Sebab bila kamu terjun dalam dunia bisnis maka jam kerja juga akan lebih panjang

Mengutip dari buku 'Mulai Usaha Dari Nol' karya Jackie Ambadar, Miranty Abidin, dan Yanty Isa, Jakarta, Minggu (9/2/2020), menurut Pakar Konsultan Manajemen ada tujuh sifat dasar yang harus dimiliki seorang pengusaha.

 Baca juga: 10 Kesalahan Bisnis yang Biasa Dilakukan, Wirausaha Harus Hindari Ini!

1. Pengusaha sebagai the change creator

Sifat ini penting, karena dalam dunia bisnis seorang pengusaha harus mampu menerima segala macam bentuk perubahan secara mendadak sebagai menu makan sehari-harinya. Selain itu, untuk menjadi seorang pengusaha tidak hanya dituntut mampu mengelola dan menguasai perubahan, tetapi juga harus bisa menciptakan perubahan.

Dengan kemampuan ini, membawa diri menjadi sukses.

2. Bisa melihat perbedaan, baik antar orang maupun antar fenomena kehidupan sebagai peluang bukan sebagai penghalang.

 Baca juga: Ingin Buka Usaha Rumahan, Ikuti Langkah-Langkah Ini

3. Menyukai dinamika dalam kehidupan bisnis. Sangat besar hasratnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi banyak orang.

4. Cenderung mudah jenuh dengan segala kemapanan hidup untuk kemudian memacu dirinya bereksperimen dengan pembaruan-pembaruan. Seorang wirausahawan biasanya memiliki semangat dan energi untuk menciptakan sesuatu yang baru.

5. Pengetahuan dan pengalaman hanyalah alat untuk memacu kreativitas bukan sebagai sesuatu yang harus diulangi. Jiwa usahawan yang murni adalah menganggap bahwa kegiatan usaha sebagai tempat untuk mengembanglan kreativitas dan inovasi

6. Pengusaha seorang pakar tentang dirinya sendiri. Aktualisasi diri secara penuh dan merdeka tanpa tekanan atau perintah orang lain.

7. Berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain (low profile) serta menjadi pendengar yang baik dan selalu mampu memecahkan masalah (problem solving).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini