nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wabah Virus Korona, Mari Elka: Pertumbuhan Dunia akan Lebih Rendah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 11 20 2166701 wabah-virus-korona-mari-elka-pertumbuhan-dunia-akan-lebih-rendah-aiJNLx77D2.JPG Waspada Virus Korona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Direktur Pelaksana Bank Dunia terpilih Mari Elka Pangestu mengatakan, ekonomi global saat ini masih dipenuhi ketidakpastian. Mari menyampaikan bahwa tentu ada tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh negara-negara berkembang dalam mengantisipasi ketidakpastian global, baik dari segi ekonomi maupun isu-isu pembangunan berkelanjutan.

“Bagaimana kita mengantisipasi bahwa untuk tahun ini terutama prediksinya, pertumbuhan dunia akan lebih rendah daripada yang diperkirakan sebelumnya, apalagi dengan adanya Corona Virus, dan seterusnya,” katanya Mari Elka Pangestu dilansir dari laman Setkab, Selasa (11/2/2020).

Baca Juga: Virus Korona Bikin Harga Daging Babi di China Naik 116%

Saat bertemu Presiden Jokowi, Mari Elka juga membahas pentingnya untuk terus melanjutkan proses ataupun program integrasi ekonomi yang terjadi di ASEAN maupun RCEP, RCEP yang melibatkan ASEAN dengan 6 negara yang lain.

Walaupun ada ketidakpastian perdagangan di dunia, lanjut Mari, Indonesia sebagai wilayah tetap terus melanjutkan proses keterbukaan maupun integrasi ekonomi yang terjadi di kawasan. “Karena itu akan menjadi sumber pertumbuhan baru juga, jadi itu salah satu juga yang kita bahas tadi,” ujar Mari Elka.

Baca Juga: Perawat di China Cukur Habis Rambut Mereka demi Rawat Pasien Virus Korona

Dalam keadaan ketidakpastian, lanjut Mari, melakukan reformasi di struktural seperti yang menjadi program prioritas Presiden saat ini, itulah sebetulnya langkah yang paling tepat untuk dilakukan saat ini. “Kalau kita lihat isu pembangunan dan bagaimana negara-negara sedang berkembang maupun negara yang maju pun bagaimana menyikapi ketidakpastian,” pungkas Mari.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini