Impor Baja Disindir Jokowi, Menperin: Produksi Dalam Negeri Belum Cukup

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 320 2167349 impor-baja-disindir-jokowi-menperin-produksi-dalam-negeri-belum-cukup-lCE7UfMydc.jpg Industri Baja di China. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti impor bahan baku bagi industri baja yang menjadi salah satu faktor terbesar dalam defisit neraca perdagangan Indonesia. Impor bahan baku besi dan baja menempati peringkat tidak besar penyumbang defisit perdagangan.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, sebetulnya impor dilakukan untuk mendukung industri baja dan industri-industri lainnya. Impor juga dilakukan karena belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Baca Juga: Fakta Impor dari China Disetop, Dampak Virus Korona

"Dalam negeri belum cukup untuk mensuplai industri hilirnya. Maka impor tidak ada salahnya karena pasti ada nilai tambah. Seperti yang saya sampaikan tadi mengenai scrap logam," tuturnya, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia mengatakan, scrap logam kebutuhan impornya mencapai 9 juta. Namun, karena adanya regulasi sehingga kebutuhan tersebut dibatasi.

Baca Juga: Stop Impor Produk China Bakal Ganggu Pasokan? Ini Kata Mendag

Padahal, kata Agus, scrap logam sangat-sangat dibutuhkan bagi bahan baku industri. Yang perlu dicermati adalah, kekurangan kebutuhan dipenuhi di dalam negeri, dengan nilai yang lebih tinggi.

"Itu kan lebih mahal billet yang diimpor dari luar negeri dibandingkan dengan billet yang diproduksi dalam negeri dengan menggunakan scrap logam impor. Itu lebih mahal USD100 per ton. maka kalau yang tadi saya sampaikan kebutuhan untuk scrap logam untuk bahan baku industri nasional untuk memproduksi billet itu sekitar 4 juta kebutuhannya, maka kalau selisih harga antara impor dan industri dalam negeri USD100 per tonnya kali 4 juta maka menghasilkan defisit sebesar USD400 juta," tuturnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini