nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Ibu Kota Baru, Terbatasnya Suplai Air hingga Habitat Orangutan

Hairunnisa, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 16:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 470 2167435 masalah-ibu-kota-baru-terbatasnya-suplai-air-hingga-habitat-orangutan-WqUdYIFi2Z.jpg Desain ibu kota (PUPR)

JAKARTA - Pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan. Nantinya ibu kota baru ini akan didesain serba canggih dan ramah lingkungan.

Kendati sudah direncanakan, namun masih ada beberapa masalah dalam pemindahan tersebut. Adapun hal tersebut telah masuk ke isu pembangunan Pemindahan Ibu Kota.

 Baca juga: Draft RUU Ibu Kota Baru Diserahkan ke DPR Bulan Ini

Mengutip data Bappenas, Jakarta, Rabu (12/2/2020), hasil rapid KLHS pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), terdapat 4 isu pembangunan. Berikut masalahnya:

1. Keterbatasan suplai air baku,

2. Wilayah IKN dan sekitarnya merupakan habitat dan ruang jelajah beberapa spesies kunci seperti Orangutan, Bekantan, Beruang Madu, Pesut dan Dugong.

3. Terdapat 109 lubang tambang yang memerlukan penanganan lebih lanjut, dan

4. Kalimantan Timur memiliki ecological footprint tinggi di Kalimantan.

 Baca juga: Ibu Kota Baru Akan Diisi 20 Orang/Ha, Menteri Bappenas: Panggil Orang seperti Tarzan

Oleh sebab itu, ada beberapa arahan ke depan, pertama lokasi IKN memiliki limitasi daya dukung lingkungan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kedua, desain kota harus mempertimbangkan jumlah penduduk yang akan dipindahkan.

Selain itu, diperlukan strategi untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan menyesuaikan kemajuan proses pemulihan lingkungan, proteksi sistem ekologi dan perkembangan teknologi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini