nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Tugaskan Menteri LHK Buat Lokasi Pembibitan Terbesar di Ibu Kota Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 19:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 470 2167496 jokowi-tugaskan-menteri-lhk-buat-lokasi-pembibitan-terbesar-di-ibu-kota-baru-B1GLFRFqXU.jpg Komik Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Instagram Jokowi)

JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menejelaskan soal kabar terbaru dari ibu kota baru. Di mana ibu kota akan dipindah dari Jakarta menuju Kalimantan.

Siti mengaku sudah mendapatkan arahan terbaru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat persemaian bibit yang permanen dan modern. Tidak tanggung-tanggung, Kementerian LHK diminta membuat persemaian bibit yang produksi mencapai 15-17 juta.

Baca Juga: Masalah Ibu Kota Baru, Terbatasnya Suplai Air hingga Habitat Orangutan

Persemaian merupakan tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih (atau bahan lain dari tanaman) menjadi bibit atau semai yang siap ditanam di lapangan. Persemaian memiliki pengertian yang juga sama dengan kegiatan pembibitan.

Kegiatan persemaian merupakan awal penanaman hutan karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman hutan.

Baca Juga: Draft RUU Ibu Kota Baru Diserahkan ke DPR Bulan Ini

"Jadi saya diperintahkan untuk membuat persemaian bibit yang permanen modern dengan produksi 15 juta-17 juta. Itu besar loh," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurut Siti, persemaian ini akan menjadi yang terbesar. Bahkan, persemaian yang ada di Cimanggis dan Bogor hanya mencapai 2 juta, artinya hampir 8 kali lipat dengan yang akan dibuat di Ibu Kota baru.

"Karena yang di di Bogor saja besar yang di Cimanggis saja cuma 2 juta," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini