nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aset Barang Milik Negara di Jakarta Tercatat Rp1.400 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 20 2168642 aset-barang-milik-negara-di-jakarta-tercatat-rp1-400-triliun-dOCWu5DAFK.jpg Rupiah (Reuters)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan mencatat, seluruh aset barang milik negara (BMN), yang ada di Jakarta secara total mencapai sebesar Rp1.400 triliun.

Direktur Barang Milik Negara DJKN Kemenkeu, Encep Sudarwan menyebut pihaknya saat imi memetakan mana saja yang kemungkinan yang bisa dimanfaatkan sebagai nilai tambah.

Baca juga: 1.360 Gedung Milik Kemenkeu Diasuransikan, Bayarnya Rp21,3 Miliar

"Kita memanfaatkan mempertahankan aset yang ada di Jakarta. Apa itu masih dipakai atau kita kerja sama dengan swasta. Sehingga kita ada penerimaan. Kita manfaatkan konsesi 30 tahun," ujar dia di kantornya Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Dia menuturkan pemerintah akan terus mempertahankan aset-aset milik negara yang berada di Jakarta walaupun ibu kota akan pindah.

Baca juga: Aset Negara di Sektor Hulu Migas Capai Rp490 Triliun

"Maka itu, ada beberapa cara yang akan digunakan seperti melakukan kerja sama dengan pihak swasta mengenai pemanfaatan gedung agar mendapatkan penerimaan," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya telah mendapatkan masukan dari berbagai pihak mengenai pemanfaatan wilayah di Jakarta nantinya.

"Jadi ada yang mengusulkan untuk membuat international brand wisata di Jakarta," kata dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini