nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muncul Kata 'Periksa' di Kwh Meter, Ini Sebab dan Solusinya!

Irene, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 20:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 14 320 2168689 muncul-kata-periksa-di-kwh-meter-ini-sebab-dan-solusinya-tnlv5uWzFj.jpg Kwh Meter (Foto: ig PLN)

JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan penjelasan terkait kemunculan kata 'Periksa' di kWh Meter rumah. Hal ini disampaikan PLN dalam unggahan Instagram resminya.

"Suka muncul kata "PERIKSA" di Kwh Meter rumah kalian? Yuk kenali penyebab dan apa yang harus Electrizen lakukan! #EnergiOptimisme #PLNTerbaik #PLNKuat #PLNEnergiBaru," tulis PLN dalam keterangan postingannya, dikutip Okezone, Jumat (14/2/2020)

 Baca juga: Waspadai Kebocoran Arus Listrik, Kenali Sebabnya

Alasan pertama penyebab munculnya kata Periksa pada kWh Meter adalah kabel tidak berstandar. Kualitas kabel yang rendah dijelaskan PLN rentan akan kemunculan kata Periksa.

"Kualitas kabel yang spesifikasinya rendah atau dibawah standar SNI akan rawan memunculkan tulisan Periksa pada meteran listrik. Cek kualitas kabelnya ya Electrizen!" tulis PLN dalam infografisnya.

 Baca juga: Waspada Setrum Listrik di Baja Ringan, Instalasi Harus Dipasang dengan Benar!

Alasan kedua adalah letak ground yang tidak baik. PLN menjelaskan terjadinya arus balik pembumian disebabkan oleh instalasi yang buruk.

"Arus balik pembumian disebabkan oleh cara sistem pembumian instalasi rumah yang buruk. Pemeriksaan itu penting dan pastikan #Electrizen telah memiliki SLO," tulis PLN.

Alasan ketiga adalah lampu temper yang menyala. Lampu temper ini akan menyala jika kotak meteran dibuka secara sengaja maupun tidak. Oleh karenanya PLN menghimbau masyarakat untuk tidak mengotak-atik kWh Meter.

"Tombol temper ini akan menyala jika ada orang yang sengaja maupun tidak sengaja membuka kotak meteran. Jika terbuka maka otomatis tombol temper menyala. Jangan pernah otak atik kWh Meter ya!" tulis PLN.

Alasan keempat dan yang terakhir adalah kebocoran listrik. Alasan ini biasanya yang sering menjadi sebab munculnya kata Periksa pada kWh Meter karena terkelupasnya kabel atau sambungan kabel yang longgar.

"Ini yang paling sering terjadi Electrizen sampai korsleting! Kebocoran listrik ini bisa karena kabel terkelupas, sambungan kabel longgar karena tidak tertutup isolatif dengan baik," tulis PLN.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini