Kiat Keluar dari Gaya Hidup Boros, Lupakan Gengsi!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 320 2168845 kiat-keluar-dari-gaya-hidup-boros-lupakan-gengsi-KsxWGLwAyt.jpg Trik Hemat (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Baik diri sendiri ataupun orang lain merasa bingung jika uangnya tiba-tiba habis tak bersisa, padahal baru saja menerima gaji. Hal ini bisa terjadi karena suka boros dalam mengeluarkan uang untuk membeli yang tak penting.

Boros adalah kebiasaan menggunakan uang untuk memenuhi keinginan dan sekadar bersenang-senang secara berlebihan. Boros itu tak baik, tetapi biasanya sulit dihindari oleh setiap orang. Biasanya sikap ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Seperti dikutip dari buku ‘Bisa Saving, tapi Tetap Shopping’ karya John Afifi yang terbit pada 2018, Jakarta, Sabtu (15/2/2020), salah satu cara agar berhenti dari hidup boros yaitu dengan membuat anggaran belanja selama sebulan ke depan. Caranya yaitu dengan menyusun daftar belanjaan secara rinci. Apabila ada pengeluaran lain yang harus dibayar, masukkan juga dalam daftar anggaran. Dengan membuat anggaran belanja seperti ini, dipastikan dapat lebih mengontrol keuangan.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Lalu, jangan lupa untuk rutin dalam menabung. Jadikan menabung sebagai rutinitas wajib yang harus dilakukan setelah gajian agar punya simpanan yang cukup di masa depan. Kalau perlu, sertakan juga alasan yang kuat untuk menabung supaya diri memiliki semangat untuk terus menambah jumlah tabungan.

Janganlah mudah tergoda oleh penawaran. Saat berbelanja, kita akan menemukan banyak penawaran. Di situlah godaan datang. Pastikan diri tidak tergoda oleh penawaran tersebut. Tanamkan hal ini dalam mindset.

Selain itu, kalau bisa bawalah bekal makan siang sendiri. Ini bisa menghemat pengeluaran. Hal ini simpel dilakukan, siapkan saja nasi beserta lauk pauk untuk bekal makan siang.

Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

Ketahuilah mana keinginan dan mana kebutuhan agar tidak terjebak dalam hidup boros. Jadi, untuk membeli suatu barang yang mengharuskan untuk mengeluarkan uang, pikirkanlah secara matang. Jangan membeli karena menuruti keinginan saja. Kita harus dapat memilah barang yang ingin dibeli adalah suatu kebutuhan atau hanya keinginan saja. Bila termasuk kebutuhan, belilah. Sebaliknya, jangan membeli jika hanya keinginan diri.

Terkadang, ada kebutuhan mendadak yang harus segera dipenuhi. Tak ada salahnya jika meminjam barang yang dibutuhkan, namun pastikan meminjamnya hanya dalam jangka pendek. Jaga barang yang dipinjam sebaik mungkin dan ucapkan terima kasih setelah mengembalikannya. Meminjam barang dapat menghemat uang.

Batasilah penggunaan kartu kredit. Karena membuat hidup semakin boros. Kita akan mudah terjebak pada deretan belanjaan yang dapat membuat tagihan kartu kredit membengkak. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit.

Apabila ingin membeli barang baru tapi tak ingin mengeluarkan uang lagi, bisa gunakan cara ini. Caranya yaitu dengan menjual barang lama yang layak agar uangnya bisa dipakai untuk membeli barang baru itu.

Lupakan gengsi jika ingin keuangan stabil. Misalnya, saat orang lain berbelanja, kita malah berhemat dan menjual barang-barang lama layak yang sudah tak terpakai. Melupakan gengsi seperti ini bisa berhemat lebih banyak dan berhenti hidup boros.

Janganlah mengutang banyak agar hidup tak boros. Utang yang dimaksud di sini bukan hanya berupa cicilan kredit per bulan, tetapi juga pinjaman uang dari orang lain. Jika pernah berutang, lunasilah utang tersebut dan berjanji pada diri sendiri tidak berutang lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini