Kelola Sampah Dapat Insentif, Caranya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 320 2170562 kelola-sampah-dapat-insentif-caranya-ASB6Dr7y62.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk terus berinovasi melalui Dana Insentif Daerah (DID). Selain berlaku sebagai imbalan, harapannya dana ini juga bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan program andalan daerah tersebut.

Daerah bahkan bisa mendapatkan insentif dengan pengelolaan sampah, caranya bagaimana?

"Kalau suatu daerah mampu melakukan inovasi dan mengelola sampahnya dengan baik, maka daerah itu berpeluang mendapat DID kategori pengelolaan sampah," demikian seperti dikutip akun Instagram resmi Kemenkeu, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Baca Juga: Setelah Dibuang, Ke Mana Perginya Sampah di Indonesia?

Ada sembilan kategori untuk mendapatkan DID, di antaranya adalah peningkatan ekspor dan investasi. Masih ada kesempatan untuk jadi yang terbaik di bidang lain sesuai karakteristik daerah masing-masing.

DID merupakan langkah strategis pemerintah berupa inovasi kebijakan untuk mendukung tercapainya tujuan desentralisasi fiskal dalam bentuk pemberian insentif kepada daerah atas kinerja pemda di bidang tata kelaola keuangan daerah, pelayanan umum, pelayanan dasar dan kesejahteraan masyarakat.

"Kebijakan DID 2020 diarahkan untuk mendukung pencapaian prioritas-prioritas nasional," tulisnya.

Harapannya, dengan dimasukkan kategori peningkatan ekspor dan investasi dalam perhitungan alokasi DID, ke depannya defisit neraca perdagangan Indonesia semakin berkurang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini