Tips Hemat Pakai Kulkas, Jangan Lupa Tutup Rapat Pintunya

Irene, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 320 2171018 tips-hemat-pakai-kulkas-jangan-lupa-tutup-rapat-pintunya-7UJhZXmyq5.jpg Listrik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Lemari es atau kulkas menjadi salah satu barang yang hampir ada di setiap rumah. Namun tidak banyak yang tau cara menghemat listrik saat memiliki kulkas di rumah.

Lemari es menjadi sesuatu yang dibutuhkan mengingat kemampuannya dalam mendinginkan berbagai makanan dan minuman sehingga lebih tahan lama dan tetap segar.

Untuk membentuk suhu dingin tersebut lemari es juga membutuhkan energi listrik yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan peran serta pengguna lemari es dalam merawat serta bijak mempergunakan kulkas.

Baca Juga: Tips agar Terhindar dari Jeratan Utang Pinjaman Online

Melansir buku Kiat Hemat Bayar Listrik karya Gatut Susanta dan Sasi Agustoni, Sabtu (22/2/2020), berikut adalah tips hemat menggunakan kulkas:

-Atur suhu lemari es pada tingkatan dingin yang normal sesuai dengan petunjuk dari produsen yang tertera pada buku petunjuk penggunaan produknya. Jika suhu lemari es terlalu rendah atau dingin maka penggunaan energi listriknya juga semakin banyak.

-Hindari membuka dan menutup pintu lemari es secara berlebihan karena dapat mengakibatkan lemari es harus bekerja lebih keras.

-Hindari pengisian lemari es yang berlebihan. Pengisian lemari es yang berlebihan menyebabkan sirkulasi udara dingin menjadi tidak maksimal.

Baca Juga: Cara Mengelola Gaji Besar untuk Para Fresh Graduate

-Letakkan lemari es pada ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup baik. Jika udara di sekitar lemari es terlalu panas maka energi yang digunakan pun menjadi lebih tinggi. Sementara itu, jika udara di sekitar lemari es terlalu lembab, dikhawatirkan justru menimbulkan korosi pada body maupun komponen lemari es yang lain.

-Tutuplah pintu lemari es dengan rapat dan bukalah hanya pada saat diperlukan.

-Hindari masukkan makanan atau minuman panas ke dalam lemari es.

-Bersihkan kondensor secara rutin untuk mengurangi beban kerja mesin.

-Jauhkan lemari es dari sumber panas, seperti sinar matahari atau kompor.

-Berikan celah yang cukup antara lemari es dengan dinding agar proses pelepasan panas berjalan dengan baik sehingga hawa panas di sekitar kondensor cepat hilang. Lebar celah minimal sekira 15 cm.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini